Apriani, Yosta Rosa (2016) KOMUNIKASI VERBAL TUTOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI DI PAUD GABY KIDS MEDAN KEC. MEDAN JOHOR. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1113171037. COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
02. NIM 1113171037. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (768kB) | Preview
03. NIM 1113171037. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
04. NIM 1113171037. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. NIM 1113171037. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
06. NIM 1113171037. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
07. NIM 1113171037. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
08. NIM 1113171037. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
09. NIM 1113171037. BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM 1113171037. BAB V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM 1113171037. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa baik komunikasi tutor terhadap peserta didik selama tutor tersebut memberikan materi di dalam kelas. Mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas bagaimana cara tutor menyampaikan materi tersebut bisa dimengerti si peserta didik, dan bagaimana nada suara tutor pada saat berkomunikasi dengan peserta didik sehingga minat belajar semakin tumbuh.
Darwanto (2007:3) “Komunikasi merupakan penyampaian lambang-lambang yang berarti antar manusia seseorang penyampaian lambang-lambang yang mengandung pengertian tertentu kepada orang lain.
Slameto (2010:180) “ Minat dapat di ekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal dari pada hal lainnya. Dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktifitas, siswa yang memiliki minat terdapat subjek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas dan sistematis mengenai data dan fakta di lapangan, kemudian melakukan analisis terhadap masalah yang ditemukan kemudian. Yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu tutor yang ada di Paud Gaby kids Medan yang mengetahui secara langsung tutor di dalam kelas yang berjumlah 3 orang. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara kepada tutor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek tutor harus menjadi teladan di dalam kelas. Memberikan kasih sayang dan cinta dalam berkomunikasi dengan nada yang rendah saat berbicara di dalam kelas tetapi dengan suara yang tidak keras sebagian anak didik tidak mau mendengarkan pada saat tutor menerangkan materi. Aspek menyediakan waktu di sini tutor harus bersedia mendengarkan apa keluh kesa si anak, membuat si anak malas belajara di kelas maupun di rumah. Dari hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa anak didik di Paud Gaby kids Medan di dalam kelas sudah baik dan komunikasi tutor dalam mengatasi minat belajar anak didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 011 |
Keywords: | Minat Belajar; Tahap Belajar; Komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 03:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6073 |