PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS SDN 067258 MEDAN AMPLAS

NAIBAHO, JENNIFER DIVIA (2024) PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS SDN 067258 MEDAN AMPLAS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111015_Cover.pdf] Text
1202111015_Cover.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 1202111015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1202111015_Abstrak.pdf] Text
1202111015_Abstrak.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 1202111015_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111015_Kata_Pengantar.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of 1202111015_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111015_Daftar_Isi.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of 1202111015_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111015_Daftar_Gambar.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 1202111015_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111015_Daftar_Tabel.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of 1202111015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 1202111015_BAB_I.pdf] Text
1202111015_BAB_I.pdf

Download (820kB)
[thumbnail of 1202111015_BAB_V.pdf] Text
1202111015_BAB_V.pdf

Download (621kB)
[thumbnail of 1202111015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Polya terhadap peningkatan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN
067258 Medan Amplas. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
desain nonequivalent control group design. Populasi seluruh siswa kelas V SDN
067258 Medan Amplas, yang dibagi dalam dua kelas yaitu V-A dan V-B. Kelas
V-A merupakan kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan Model
Konvensional dan kelas V-B merupakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan
menggunakan Model Polya. Instrumen yang digunakan adalah tes belajar kognitif
berupa essay sejumlah 10 soal. Beradasarkan hasil pengelolahan data, data pretest
diperoleh nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 36,81 dan kelas
eksperimen 27,71. Setelah diberikan perlakuan, kelas kontrol memperoleh ratarata
sebesar 52,72 dan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 76,84. Hasil uji t
post-test pada taraf signifikansi α= 0,05 diperoleh thitung = 5,168 dan ttabel = 1,168,
maka thitung > ttabel sehingga hipotesis ( Ha ) diterima dan hipotesis ( Ho ) ditolak.
Berdasarkan hal tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan
penggunaan Model Polya terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN 067258 Medan Amplas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Polya,, hasil belajar, sekolah dasar, soal cerita, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:22
Last Modified: 02 Jul 2025 02:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60727

Actions (login required)

View Item
View Item