NAIBAHO, JENNIFER DIVIA (2024) PENGARUH MODEL POLYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS SDN 067258 MEDAN AMPLAS. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1202111015_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Cover.pdf
Download (384kB)
![[thumbnail of 1202111015_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1202111015_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Abstrak.pdf
Download (508kB)
![[thumbnail of 1202111015_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Kata_Pengantar.pdf
Download (617kB)
![[thumbnail of 1202111015_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Daftar_Isi.pdf
Download (519kB)
![[thumbnail of 1202111015_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Daftar_Gambar.pdf
Download (376kB)
![[thumbnail of 1202111015_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Daftar_Tabel.pdf
Download (454kB)
![[thumbnail of 1202111015_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (385kB)
![[thumbnail of 1202111015_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_BAB_I.pdf
Download (820kB)
![[thumbnail of 1202111015_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_BAB_V.pdf
Download (621kB)
![[thumbnail of 1202111015_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1202111015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (580kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Model Polya terhadap peningkatan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN
067258 Medan Amplas. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan
desain nonequivalent control group design. Populasi seluruh siswa kelas V SDN
067258 Medan Amplas, yang dibagi dalam dua kelas yaitu V-A dan V-B. Kelas
V-A merupakan kelas kontrol yang diberikan perlakuan menggunakan Model
Konvensional dan kelas V-B merupakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan
menggunakan Model Polya. Instrumen yang digunakan adalah tes belajar kognitif
berupa essay sejumlah 10 soal. Beradasarkan hasil pengelolahan data, data pretest
diperoleh nilai rata-rata siswa kelas kontrol sebesar 36,81 dan kelas
eksperimen 27,71. Setelah diberikan perlakuan, kelas kontrol memperoleh ratarata
sebesar 52,72 dan kelas eksperimen memperoleh rata-rata 76,84. Hasil uji t
post-test pada taraf signifikansi α= 0,05 diperoleh thitung = 5,168 dan ttabel = 1,168,
maka thitung > ttabel sehingga hipotesis ( Ha ) diterima dan hipotesis ( Ho ) ditolak.
Berdasarkan hal tersebut diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan
penggunaan Model Polya terhadap peningkatan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN 067258 Medan Amplas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Polya,, hasil belajar, sekolah dasar, soal cerita, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:22 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60727 |