Silalahi, Wartina (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK SILOAM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1113171036 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 1113171036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM. 1113171036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 1113171036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
5. NIM. 1113171036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1113171036 TABLE.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1113171036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1113171036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1113171036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
13. NIM. 1113171036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 1113171036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya penerapan metode bernyanyi dalam proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini dan tujuannya adalah adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode bernyanyi terhadap kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK Siloam Medan.
Tantranurandi (2008:31) mengungkapkan metode bernyanyi ialah suatu metode yang melafazkan suatu kata atau kalimat yang dinyanyikan. Anak–anak akan banyak belajar kata–kata baru, sehingga dapat memperkaya pembendaharaan kata mereka dan lebih terampil dalam mempergunakannya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pretest-Postest Control Group Design, dimana populasinya adalah seluruh anak TK Siloam Medan tahun ajaran 2015 dengan jumlah 64 orang dan sampelnya yaitu 42 orang dengan kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan uji signifikasi dengan taraf nyata α =0,05.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata pada kelas eksperimen 2,15 dan pada kelas kontrol 1,61. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa anak pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,737 > 2,086 pada taraf nyata α =0,05. Dengan demikian metode bernyanyi dalam pembelajaran anak usia dini berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbahasa anak usia 4-5 tahun di TK Siloam Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 002 |
Keywords: | Metode Bernyanyi; Kemampuan Berbahasa; Bernyanyi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 02:45 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6069 |