Suriani. (2016) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C DI KELOMPOK BELAJAR KEMUNING DESA ASAHAN MATI KECAMATAN TANJUNGBALAI KABUPATEN ASAHAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1112171008 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. NIM 1112171008 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
03. NIM 1112171008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
04. NIM 1112171008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
05. NIM 1112171008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
06. NIM 1112171008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
07. NIM 1112171008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
08. NIM 1112171008 BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
12. NIM 1112171008 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
13. NIM 1112171008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah mengenai faktor-faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya minat belajar warga belajar di Kelompok Belajar Kemuning. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya minat belajar Paket C di Kelmpok Belajar Kemuning Desa Asahan Mati Kecamatan Tanjungbalai Kabupaten Asahan.
Kartono (2000) mengatakan bahwa tinggi atau rendahnya minat belajar seseorang dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Factor internal diantaranya adalah kesehatan, bakat dan intelegensi, perhatian serta cara belajar. Jika kesehatan seseorang terganggu, maka kemampuan untuk menerima pelajaran tentunya tidak dapat maksimal.
Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi sebanyak 20 orang warga belajar. Sampel penelitian berjumlah 20 orang diambil dari semua populasi, dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase P=F/N x100%
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar tidak pernah tumbuh dari dalam diri sendiri, hal ini sikap tersebut terlihat dari jawaban warga belajar lebih dominan memilih Setuju (S) sekitar 46%. Motivasi belajar warga belajar juga tidak pernah timbul dari dalam diri warga belajar, hal ini terlihat ada sekitar 33,5% warga belajar memilih Kurang Setuju (KS) lebih tinggi dari jawaban yang lain. Pengaruh membantu orang tua juga idak pernah mendorong minat belajar warga belajar, hal ini lebih dominan warga melajar memilih jawaban Kurang Setuju(KS) ada sekitar 46,5%. Pengaruh bermain game online juga tidak mendorong minat belajar, hal ini terlihat ada sekitar 31,5% yang menjawab tidak pernah. Membentuk kelompok belajar juga tidak pernah mendorong minat belajar warga belajar, hal ini terlihat lebih dominan memilih jawaban Kurang Setuju ada sekitar 30%. Dapat disimpulkan bahwa warga belajar belum ada tumbuh minat belajar dari dalam diri sendiri, maupun dari luar diri warga belajar baik itu pengaruh dari keluarga, teman, dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PLS 004 |
Keywords: | Minat; Linkungan Keluarga; Bakat dan Integensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Jul 2016 02:18 |
Last Modified: | 14 Jul 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6067 |