PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS POWTOON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK SMA KELAS X

Sitompul, Attala Noval (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS POWTOON PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171121002_Cover.pdf] Text
4171121002_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 4171121002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171121002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (979kB)
[thumbnail of 4171121002_Abstrak.pdf] Text
4171121002_Abstrak.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 4171121002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171121002_Kata_Pengantar.pdf

Download (889kB)
[thumbnail of 4171121002_Daftar_Isi.pdf] Text
4171121002_Daftar_Isi.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 4171121002_BAB_I.pdf] Text
4171121002_BAB_I.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of 4171121002_BAB_II.pdf] Text
4171121002_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4171121002_BAB_III.pdf] Text
4171121002_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of 4171121002_BAB_IV.pdf] Text
4171121002_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[thumbnail of 4171121002_BAB_V.pdf] Text
4171121002_BAB_V.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of 4171121002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171121002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of 4171121002_Lampiran.pdf] Text
4171121002_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran fisika pada materi momentum dan impuls serta menganalisis respon guru dan siswa terhadap video pembelajaran. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model penelitian dari 4 D. Proses penelitian ini yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Dessiminate. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi serta siswa kelas X IPA 1 SMAN 1 Sibabangun sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media, serta angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah kelayakan media pembelajaran fisika pada materi Momentum dan Impuls berdasarkan dari ahli media memperoleh rata-rata sebesar 86,46% ahli materi sebesar 85,13%. Persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika sangat valid. Respon guru terhadap video pembelajaran fisika memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,57% dan respon siswa sebesar 81,39%. Persentase tersebut menujukkan bahwa video pembelajaran fisika sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 531.6 Sit p
Keywords: Media pembelajaran; Powtoon; Momentum; Impuls; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jun 2025 09:04
Last Modified: 20 Jun 2025 09:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60669

Actions (login required)

View Item
View Item