HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C, SKB BINJAI, TAHUN AJARAN 2015/2016

Sembiring, Putri Anita (2016) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C, SKB BINJAI, TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 1113371019 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 1113371019 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 1113371019 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 1113371019 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 1113371019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM 1113371019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 1113371019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. NIM 1113371019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 1113371019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM 1113371019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 06.  NIM 1113371019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
06. NIM 1113371019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 07.  NIM 1113371019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
07. NIM 1113371019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 08.  NIM 1113371019 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
08. NIM 1113371019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 09.  NIM 1113371019 BAB  I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 1113371019 BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM 1113371019 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1113371019 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1113371019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1113371019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dengan rendahnya hasil belajar warga belajar Paket C SKB Binjai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara notivasi belajar dengan hasil belajar warga belajar Paket C SKB Binjai .
Menurut (Sardiman, 2006), “memberikan motivasi kepada seseorang siswa/ warga belajar, berarti menggerakkan siswa/ warga belajar untuk melakukan sesuatu ingin melakukan sesuatu”. Menurut (Dimyati 2010 : 3) ” hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar, dari sisi guru/tutor tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi belajar dan dari siswa hasil belajar merupakan berakhirnya penggal dan puncak proses belajar”.
Jenis Penelitian ini menggunakan korelasi kuantitatif. Populasi sebanyak 60 orang warga belajar Paket C. Sampel penelitian berjumlah 60 orang diambil dari semua populasi, dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket (motivasi belajar) dan dokumentasi (hasil belajar). Teknik analisis data menggunakan rumus (korelasi product moment) rxy = (N∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 )- (∑X){N∑Y^2-(∑Y)^2}) , dan (uji hipotesis) t = (r√((n-2)))/√((1- r^2))
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh ditunjukkan dari tingkat kecenderungan masing – masing variabel, yaitu: Dilihat dari hasil uji kecenderungan motivasi belajar warga belajar paket C di SKB Binjai, berkategori tinggi sebesar 26,7%, berkategori sedang sebesar 18,3%, berkategori cukup sebesar 45% dan berkategori rendah sebesar 10%. Dilihat dari hasil uji kecenderungan hasil belajar warga belajar paket C SKB Binjai, berkategori tinggi sebesar 20%, berkategori sedang sebesar 21,6%, berkategori cukup sebesar 41,6% dan berkategori rendah sebesar 16,6%. Hal ini dilihat dari hasil perhitungan yang menggunakan rumus (Product Moment) r_hitung sebesar 0,528 sedangkan r_tabel dengan n = 60-2 adalah 0,254. Maka r_hitung > r_tabel, sehingga terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y memiliki hubungan yang positif. Dan jika dilihat dari hasil perhitungan yang menggunakan rumus (uji t) maka didapat hasil pengujian t-hitung sebesar 4,734. Jika dibandingkan dengan t_tabel pada data distribusi, maka n = 60 memiliki nilai t_tabel = 1,677. Maka t_hitung > t_tabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PLS 004
Keywords: Motovasi Belajar; Paket C; SMA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > L Education (General) > L899 School fairs
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Jul 2016 02:06
Last Modified: 14 Jul 2016 02:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item
View Item