Lagu, Agusman Putra Jaya (2024) ANALISIS BUTIR SOAL PILIHAN GANDA UJIAN SEMESTER GANJIL DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 PADA BEBERAPA SEKOLAH SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4172121001_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Cover.pdf
Download (664kB)
![[thumbnail of 4172121001_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (359kB)
![[thumbnail of 4172121001_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Abstrak.pdf
Download (976kB)
![[thumbnail of 4172121001_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Kata_Pengantar.pdf
Download (217kB)
![[thumbnail of 4172121001_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Daftar_Isi.pdf
Download (133kB)
![[thumbnail of 4172121001_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_BAB_I.pdf
Download (800kB)
![[thumbnail of 4172121001_BAB_II.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (327kB)
![[thumbnail of 4172121001_BAB_III.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (298kB)
![[thumbnail of 4172121001_BAB_IV.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (418kB)
![[thumbnail of 4172121001_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_BAB_V.pdf
Download (684kB)
![[thumbnail of 4172121001_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (836kB)
![[thumbnail of 4172121001_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4172121001_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kesesuaian soal ditinjau dari ranah kognitif taksonomi bloom revisi dan karakteristik butir soal buatan guru berdasarkan analisis tingkat kesukaran dan daya pembeda pada soal ujian semester ganjil mata pelajaran fisika T.P 2023/2024 di 4 SMA Negeri di Medan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil analisis di SMAN 5 Medan ini menunjukkan bahwa soal ujian semester ganjil mata pelajaran fisika kelas XI IPA belum memenuhi proporsi soal yang baik di mana C1 dan C2 (39,9%), C3 dan C4 (59,9%) dan C5 dan C6 (0%). Hasil analisis menunjukkan bahwa soal ujian semester ganjil mata pelajaran fisika kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan belum memenuhi proporsi soal yang baik di mana untuk soal C1 dan C2 (0%). C3 dan C4 (86,67%), dan soal C5 dan C6 (13,34%). Hasil analisis soal ujian semester ganjil mata pelajaran fisika kelas XI IPA SMA Negeri 8 Medan belum memenuhi proporsi soal yang baik di mana untuk soal C1 dan C2 (20%). C3 dan C4 (75%), dan soal C5 dan C6 (5%). Hasil analisis menunjukkan bahwa soal ujian semester ganjil mata pelajaran fisika kelas XI IPA SMA Negeri 18 Medan belum memenuhi proporsi soal yang baik di mana untuk soal C1 dan C2 (46,6%). C3 dan C4 (53,3%), dan soal C5 dan C6 (0%). Sedangkan proporsi soal yang semestinya yaitu 30% untuk soal C1 dan C2, 40% untuk soal C3 dan C4 dan 30% untuk soal C5 dan C6. Hasil analisis tingkat kesukaran di 4 sekolah SMA Negeri di kota Medan didominasi pada kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis daya pembeda dari ke 4 sekolah didominasi pada kategori jelek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.076 Lag a |
Keywords: | Evaluasi pembelajaran; Instrumen penilaian; Pilihan ganda; Analisis soal; Taksonomi bloom pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 05:29 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 05:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60608 |