PENGEMBANGAN MEDIA SMART APPS CREATOR TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI

Ramadhoni, Yudi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SMART APPS CREATOR TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131015_Cover.pdf] Text
4201131015_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4201131015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4201131015_Abstrak.pdf] Text
4201131015_Abstrak.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4201131015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131015_Kata_Pengantar.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 4201131015_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131015_Daftar_Isi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4201131015_BAB_I.pdf] Text
4201131015_BAB_I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4201131015_BAB_II.pdf] Text
4201131015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[thumbnail of 4201131015_BAB_III.pdf] Text
4201131015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[thumbnail of 4201131015_BAB_IV.pdf] Text
4201131015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)
[thumbnail of 4201131015_BAB_V.pdf] Text
4201131015_BAB_V.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4201131015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4201131015_Lampiran.pdf] Text
4201131015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan di era digital saat ini memerlukan pendekatan yang inovatif untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang memerlukan pendekatan yang inovatif ialah materi laju reaksi. Materi laju reaksi menjadi topik krusial dalam kurikulum kimia, namun seringkali sulit dipahami oleh siswa karena melibatkan konsep abstrak. Berdasarkan hasil wawancara, hasil belajar dan ketertarikan siswa pada materi laju reaksi masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan siswa sangat sulit untuk mempelajari dan memahami materi tersebut. Selain itu, proses pembelajaran yang hanya menggunakan media power point dan buku cetak dari sekolah sehingga menyebabkan siswa menjadi tidak aktif dan merasa bosan dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembutan media Smart Apps Creator dan mengetahui hasil validasi ahli serta hasil respon guru dan siswa terhadap media Smart Apps Creator terintegrasi model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif, menggunakan moetode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Development and Dissemination). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 ahli media, 2 guru dan 29 Siswa kelas XI Matlanfor. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya lembar observasi dan wawancara, angket ahli media, angket respon guru dan siswa yang dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh dari ahli media dengan persentase sebesar 89,6%, hasil respon guru sebesar 89,5% dan hasil respon siswa sebesar 82,2%. Melalui data tersebut menunjukkan bahwa media Smart Apps Creator terintegrasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Ram p
Keywords: Smart apps creator; Laju reaksi; Media pembelajaran; Inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jun 2025 05:14
Last Modified: 12 Jun 2025 05:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60595

Actions (login required)

View Item
View Item