Sinurat, Sri Cinta (2024) Analisis Peran Guru Geografi Sebagai Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smas Panca Budi Dan Sma N 1 Namorambe. Undergraduate thesis, UNIMED.
3192431005_Cover.pdf
Download (245kB)
3192431005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (859kB)
3192431005_Abstrak.pdf
Download (228kB)
3192431005_Kata_Pengantar.pdf
Download (372kB)
3192431005_Daftar_Gambar.pdf
Download (229kB)
3192431005_Daftar_Tabel.pdf
Download (229kB)
3192431005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (227kB)
3192431005_Daftar_Isi.pdf
Download (263kB)
3192431005_BAB_I.pdf
Download (441kB)
3192431005_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3192431005_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (579kB)
3192431005_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
3192431005_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
3192431005_BAB_VI.pdf
Download (281kB)
3192431005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (400kB)
3192431005_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peran Guru Geografi Sebagai Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMAS Panca Budi Medan Dan SMA N 1 Namorambe. Penelitian Ini Dilakukan Di SMAS Panca Budi Medan Dan SMA N 1 Namorambe. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Guru Penggerak Mata Pelajaran Geografi Sebanyak 2 Orang. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Dokumentasi Dan Observasi Kemudian Dianalisis Dengan Pendekatan Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian Menunjukkan : Peran Guru Penggerak Sangat Berpengaruh Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Guru Penggerak Seperti Namanya Memiliki Peran Untuk Menggerakkan Pembelajaran Dan Mencontohkan Bagaimana Kurikulum Merdeka Diimplementasikan Dalam Pendidikan. Tidak Mematahkan Harapan Bahwa Dampak Positif Yang Ditebarkan Sudah Dapat Dirasakan Oleh Tenaga Pendidik Dan Peserta Didik. Baiknya Peran Guru Penggerak Dapat Diukur Dari Berhasil Terimplementasikannya 6 Indikator Peran Guru Penggerak. Namun, Dalam Melaksanakan Peran Mereka, Guru Penggerak Geografi Dihadapkan Pada Berbagai Hambatan, Termasuk Perubahan Mindset, Kurangnya Motivasi Rekan Guru, Kurangnya Minat Siswa Terhadap Pembelajaran, Keterbatasan Fasilitas, Dan Kebijakan Sekolah Yang Tidak Mendukung. Adapun Upaya-Upaya Untuk Mengatasi Hambatan Tersebut, Seperti Memotivasi Rekan Guru Dan Memanfaatkan Fasilitas Yang Tersedia Secara Optimal
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Guru, Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
| Date Deposited: | 11 Jul 2025 02:21 |
| Last Modified: | 11 Jul 2025 02:21 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60579 |
