PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 105288 SEI ROTAN T.A 2023/2024

HARAHAP, FRISKA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SDN 105288 SEI ROTAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111045_Cover.pdf] Text
1203111045_Cover.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 1203111045_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111045_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (910kB)
[thumbnail of 1203111045_Abstrak.pdf] Text
1203111045_Abstrak.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1203111045_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111045_Kata_Pengantar.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of 1203111045_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111045_Daftar_Isi.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 1203111045_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111045_Daftar_Gambar.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203111045_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111045_Daftar_Tabel.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203111045_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111045_Daftar_Lampiran.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203111045_BAB_I.pdf] Text
1203111045_BAB_I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 1203111045_BAB_V.pdf] Text
1203111045_BAB_V.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 1203111045_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111045_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPAS kelas V SDN 105288 Sei Rotan T.A. 2023/2024. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN
105288 Sei Rotan T.A. 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah siswa kelas V-A yakni sebanyak 29 siswa. Instrumen dalam penelitian ini
adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal
yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan uji
daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas,
dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t menggunakan uji paired sample
test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebelum diberi
perlakuan adalah 55,69 sedangkan nilai rata-rata posttest setelah diberi perlakuan
adalah 78,79. Terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran
Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada materi IPAS
Kelas V. Diperoleh perhitungan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 21,131 > 2,048 yang
berarti hipotesis diterima. Maka dinyatakan bahwa ada pengaruh positif dari
penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SDN 105288 Sei Rotan T.A.
2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:03
Last Modified: 02 Jul 2025 07:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60576

Actions (login required)

View Item
View Item