PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SDN 060857 MEDAN TEMBUNG

MALAU, FRETTY IDA BASANIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS IV DI SDN 060857 MEDAN TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111065_Cover.pdf] Text
1203111065_Cover.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1203111065_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111065_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111065_Abstrak.pdf] Text
1203111065_Abstrak.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 1203111065_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111065_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203111065_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111065_Daftar_Isi.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203111065_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111065_Daftar_Gambar.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 1203111065_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111065_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1203111065_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111065_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 1203111065_BAB_I.pdf] Text
1203111065_BAB_I.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 1203111065_BAB_V.pdf] Text
1203111065_BAB_V.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 1203111065_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111065_Daftar_Pustaka.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pemelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas IV di SDN 060857 Medan Tembung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060857 Medan Tembung yang terdiri dari 2 kelas yaitu IV-A sebanyak 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebanyak 14 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design. Desain yang digunakan nonequivalent control grup design.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model discovery learning. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle memperoleh rata-rata yaitu pretest sebesar 52,2 dan posttest sebesar 78,05 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning adalah pretest sebesar 54,2 dan posttest sebesar 64,6. Teknik analisis data penelitian menggunakan rumus t-tes. Hasil pengujian hipotesis membuktikan Oleh karena thitung > ttabel yakni 4,22 > 2,04 pada taraf signifikan α=0,05, maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengatuh dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 2 kelas IV di SDN 060857 Medan Tembung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Inside Outside Circle
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:11
Last Modified: 02 Jul 2025 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60570

Actions (login required)

View Item
View Item