PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN CANVA DAN I-SPRING SUITE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI STOKIOMETRI

Sitanggang, Yohana Fransiska (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN CANVA DAN I-SPRING SUITE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI STOKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431015_Cover.pdf] Text
4202431015_Cover.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4202431015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202431015_Abstrak.pdf] Text
4202431015_Abstrak.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 4202431015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431015_Kata_Pengantar.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 4202431015_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431015_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4202431015_BAB_I.pdf] Text
4202431015_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4202431015_BAB_II.pdf] Text
4202431015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4202431015_BAB_III.pdf] Text
4202431015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (899kB)
[thumbnail of 4202431015_BAB_IV.pdf] Text
4202431015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of 4202431015_BAB_V.pdf] Text
4202431015_BAB_V.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4202431015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (619kB)
[thumbnail of 4202431015_Lampiran.pdf] Text
4202431015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media canva dan dengan model discovery learning berbantuan media ISpring Suite terhadap hasil belajar siswa pada materi stokiometri. (2) mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media canva dan dengan model discovery learning berbantuan media I-Spring Suite terhadap motivasi siswa pada materi stokiometri. (3) Mengetahui korelasi antara hasil belajar siswa dengan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media canva dan i-spring suite pada materi stokiometri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Markus Medan. Sampel penelitian ini adalah sampel total yaitu kelas X-2 yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan canva (eksperimen I) dan X-3 yang dibelajarkan dengan model
discovery learning berbantuan I-Spring suite (eksperimen II). Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan berganda untuk data hasil belajar dan angket untuk data Motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji hipotesis I, diperoleh t-hitung > t-Tabel (2,930407>1,66) sehingga Ha diterima, berarti terdapat pengaruh model discovery learning berbantuan media canva terhadap hasil belajar siswa. Pada uji hipotesis II, diperoleh t-hitung>t-Tabel (2,480107 > 1,66), menunjukkan adanya pengaruh model discovery learning berbantuan media i-spring suite terhadap hasil belajar siswa. Pada uji hipoteisi III, diperoleh uji korelasi sebesar 0,039, menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara hasil belajar siswa dengan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan model discovery learning berbantuan media canva dan i-spring suite pada materi stokiometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.26 Sit p
Keywords: Canva; Discovery learning; Hasil Bbelajar; I-spring suite; Motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jun 2025 04:56
Last Modified: 12 Jun 2025 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60548

Actions (login required)

View Item
View Item