PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT & NON ELEKTROLIT

Sihombing, Vioni Angel Prisilya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN MEDIA ANIMASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT & NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131066_Cover.pdf] Text
4203131066_Cover.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131066_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131066_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4203131066_Abstrak.pdf] Text
4203131066_Abstrak.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131066_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131066_Kata_Pengantar.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131066_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131066_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203131066_BAB_I.pdf] Text
4203131066_BAB_I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131066_BAB_II.pdf] Text
4203131066_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[thumbnail of 4203131066_BAB_III.pdf] Text
4203131066_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[thumbnail of 4203131066_BAB_IV.pdf] Text
4203131066_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[thumbnail of 4203131066_BAB_V.pdf] Text
4203131066_BAB_V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131066_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131066_Daftar_Pustaka.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4203131066_Lampiran.pdf] Text
4203131066_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah model pembelajaran berbasis penemuan yang berpusat pada siswa (student-centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan media animasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 32 siswa kelas eksperimen (pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E dan 32 siswa kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Penelitian dilakukan dengan pemberian pre-test kepada kelas eskperimen dan kontrol, setelah itu diterapkan pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan model Learning Cycle 5E pada kelas eksperimen dan model Konvensional pada kelas kontrol, selanjutnya dilakukan postest. Instrument tes dalam penelitian ini berupa 20 soal yang telah valid dan reliabel, sedangkan instrument non tes berupa angket aktivitas yang telah divalidasi. Dari pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut: rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen sebesar 89,76 dan kelas kontrol 80,55 dengan ������� > ������ atau 4,59 > 1,67 sehingga data aktivitas kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,71 dan kelas kontrol 72,96 dengan ������� > ������ atau 5,57 > 1,67 sehingga data hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Korelasi antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada perhitungan rhitung diperoleh rhitung = 0,583 sedangkan rTabel pada α = 0,05 (N = 32) adalah sebesar 0,349. Karena rhitung > rTabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan determinasi indeks 0,33 dengan persentase 33%. Berarti ada korelasi positif antara aktivitas siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Learning Cycle 5E berbantuan media animasi pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.372 Sih p
Keywords: Learning cycle 5E; Animasi; Larutan elektrolit; Larutan non elektrolit; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jun 2025 03:04
Last Modified: 12 Jun 2025 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60539

Actions (login required)

View Item
View Item