UMRI, FATHIYA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE WORDWALL DAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN 101765 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203111004_Cover.pdf
Download (62kB)
1203111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (753kB)
1203111004_Abstrak.pdf
Download (419kB)
1203111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (552kB)
1203111004_Daftar_Isi.pdf
Download (521kB)
1203111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (275kB)
1203111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (275kB)
1203111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (410kB)
1203111004_BAB_I.pdf
Download (639kB)
1203111004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203111004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (931kB)
1203111004_BAB_IV.pdf
Download (1MB)
1203111004_BAB_V.pdf
Download (257kB)
1203111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (575kB)
1203111004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall dan Quizizz serta untuk mengetahui mana yang lebih berpengaruh antara media pembelajaran Wordwall dan Quizizz terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV materi “Aku dan Kebutuhanku” di SDN 101765 Bandar Setia. Populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian merupakan siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 41 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasy experimental design di mana terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen X1 (IV A) menggunakan media Wordwall dan kelas eksperimen X2 (IV B) menggunakan media Quizizz. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan, hal ini dilihat dari rata-rata pretest dan posttest dari masing-masing kelas. Pada kelas IV A didapati rata-rata pretest sebesar 54 dan posttest sebesar 84,5, sementara pada kelas IV B didapati rata-rata peretest sebesar 50,71 dan posttest sebesar 72,85, dengan demikian penggunaan media pembelajaran Wordwall dan Quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SDN 101765 dengan menggunakan media pembelajaran Wordwall lebih tinggi atau lebih unggul dibandingkan menggunakan media pembelajaran Quizizz
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Media Wordwall, Media Quizizz, Hasil Belajar IPAS |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:35 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 07:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60523 |
