PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID STUDIO MELALUI MODEL PROBLEM BASED LERNING PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2023/2024

AFNI, FADHILLA PUTRI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID STUDIO MELALUI MODEL PROBLEM BASED LERNING PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111008_Cover.pdf] Text
1201111008_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 1201111008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111008_Abstrak.pdf] Text
1201111008_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1201111008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111008_Kata_Pengantar.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 1201111008_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111008_Daftar_Isi.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1201111008_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111008_Daftar_Gambar.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1201111008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111008_Daftar_Tabel.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 1201111008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 1201111008_BAB_I.pdf] Text
1201111008_BAB_I.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of 1201111008_BAB_V.pdf] Text
1201111008_BAB_V.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 1201111008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (312kB)

Abstract

Penelitin ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui validitas kelayakan, praktikalitas, dan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Android Studio melalui model Problem Based Learning pada materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101777 saentis. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 langkah yakni define, design, development, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penilaian validasi oleh ahli materi sebesar 94,28 % (Sangat Layak), hasil penilaian validasi ahli desain dan teknologi sebesar 93,33% (Sangat Layak), dan hasil penilaian validasi praktisi pendidikan sebesar 93,75 % (Sangat Praktis). Hasil Pre Test dan Post Test serta adanya perhitungan N-Gain Score yang menunjukkan efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis Android Studio dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 57,92 (Efektif). Setelah adanya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Android Studio melalui model Problem Based Learning diperoleh ketuntasan hasil belajar melalui Post Test sebesar 95,45 %. Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Android Studio melalui model Problem Based Learning pada materi pecahan sangat layak, sangat praktis digunakan dalam pembelajaran serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101777 Saentis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Android Studio, Problem Based Learning, Hasil Belajar Pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:44
Last Modified: 21 Jul 2025 07:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60513

Actions (login required)

View Item
View Item