PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PADA MATERI KOLOID BERBANTUAN PRAKTIKUM DI SMA NEGERI 1 LAUBALENG

Ginting, Tasya (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PADA MATERI KOLOID BERBANTUAN PRAKTIKUM DI SMA NEGERI 1 LAUBALENG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431010_Cover.pdf] Text
4202431010_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4202431010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 4202431010_Abstrak.pdf] Text
4202431010_Abstrak.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4202431010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431010_Kata_Pengantar.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 4202431010_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431010_Daftar_Isi.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4202431010_BAB_I.pdf] Text
4202431010_BAB_I.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4202431010_BAB_V.pdf] Text
4202431010_BAB_V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4202431010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (351kB)

Abstract

Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar, motivasi belajar siswa serta ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan praktikum pada materi koloid. Sampel pada penelitian ini diambil dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 yang disebut sampel eksperimen berjumlah 34 siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan praktikum dan XI IPA 3 yang disebut sampel kontrol berjumlah 34 siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional berbantuan praktikum pada materi koloid, sampel ditentukan dengan teknik sampling random, sebelum dilakukan penelitian siswa diberikan pretest yang mendapatkan rata-rata pada kelas eksperimen 39,12 sedangkan kelas kontrol 37,65. Hasil setelah dilakukan penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 86,47 sedangkan siswa kelas kontrol sebesar 65,29. Rata-rata motivasi siswa kelas eksperimen eksperimen 78,35 sedangkan siswa kelas kontrol sebesar 64,24. dan ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe jigsaw berbantuan praktikum, dengan koefisien korelasi sebesar 0,92 dan kontribusi motivasi siswa belajar siswa terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebesar 85% sedangkan 15% dipengaruhi faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.345 Gin p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Jigsaw; Motivasi belajar; Hasil belajar; Praktikum; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2025 02:31
Last Modified: 05 Jun 2025 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60502

Actions (login required)

View Item
View Item