ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI ASPEK PERENCANAAN GURU DALAM MENYUSUN MODUL AJAR DI SDIT AL HIJRAH 2 DELI SERDANG

ANDRIANI, EVA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DITINJAU DARI ASPEK PERENCANAAN GURU DALAM MENYUSUN MODUL AJAR DI SDIT AL HIJRAH 2 DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111030_Cover.pdf] Text
1201111030_Cover.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1201111030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of 1201111030_Abstrak.pdf] Text
1201111030_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 1201111030_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111030_Kata_Pengantar.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 1201111030_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111030_Daftar_Isi.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1201111030_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111030_Daftar_Gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1201111030_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111030_Daftar_Tabel.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 1201111030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1201111030_BAB_I.pdf] Text
1201111030_BAB_I.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 1201111030_BAB_V.pdf] Text
1201111030_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1201111030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum dari K13 ke Kurikulum Merdeka, khususnya pada perubahan perangkat pembelajaran RPP menjadi Modul Ajar.Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari aspek perencanaan guru dalam menyusun modul ajar di SDIT Al Hijrah 2 Deli Serdang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I, guru kelas III dan guru kelas V. Sedangkan objek penelitiannya adalah perencaan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka.Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan guru menyususn modul ajar dilakukan dengan tahapan, 1) guru diberi pelatihan oleh pihak sekolah, 2) guru berdiskusi dan belajar bersama dengan guru lainnya di sekolah atau di KKG.Adapun kendala yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar, yaitu guru terkendala di waktu, guru bingung dalam menentukan metode pembelajaran, dan guru harus menyesuaikan dengan fase perkembangan peserta didik.Untuk mengatasi kendala tersebut, pihak sekolah kembali memberikan pembinaan dan pelatihan kepada guru-guru agar mampu merencanakan penyusunan modul ajar secara tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perencanaan guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:45
Last Modified: 21 Jul 2025 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60501

Actions (login required)

View Item
View Item