PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS V SD SWASTA PAB 27 MEDAN

LESTARI, DINDA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS V SD SWASTA PAB 27 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111016_Cover.pdf] Text
1201111016_Cover.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1201111016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 1201111016_Abstrak.pdf] Text
1201111016_Abstrak.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1201111016_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111016_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1201111016_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111016_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111016_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111016_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111016_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111016_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111016_BAB_I.pdf] Text
1201111016_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1201111016_BAB_V.pdf] Text
1201111016_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1201111016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Media Flashcard memliki tujuan untuk mengetahui bagaimana
kelayakan, kepraktisan, keefektivan, dari produk yang tekah diiciptakan yaitu media
Flashcard pada pembelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
Research and Delopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 28 orang yang terdiri dari 12 orang lakilaki
dan 16 orang Perempuan di SD Swasta PAB 27 Medan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Adapun hasil
penilaian dari produk yang telah dikembangkan dengan kelayakan materi sebesar 89%
dan kelayakan dari media sebesar 88% dengan katergori “Sangat Layak”. Pratikalitas
yang diuji bersama dengan wali kelas V mendapat presentasi kepraktisan sebesar 95%
dengan kategori “sangat efektif”. Sedangkan pada keefektivan produk yang diciptakan
sebesar 0,66 dengan kategori “Efektivitas sedang”. Dari hasil penelitian yang dilakukan,
maka dapat disimpulkan produk Flashcard yang telah dikembangkan sangat layak, sangat
praktis, dan efektif untuk diberikan kepada peserta didik khususnya pada pembelajaran
Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Flashcard, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:49
Last Modified: 21 Jul 2025 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60437

Actions (login required)

View Item
View Item