PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN WEBSITE LIVEWORKSHEET PADA MATERI ASAM BASA DI SMA

Putri, Salsabilla (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN WEBSITE LIVEWORKSHEET PADA MATERI ASAM BASA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131057_Cover.pdf] Text
4203131057_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131057_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131057_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131057_Abstrak.pdf] Text
4203131057_Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131057_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131057_Kata_Pengantar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131057_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131057_Daftar_Isi.pdf

Download (740kB)
[thumbnail of 4203131057_BAB_I.pdf] Text
4203131057_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131057_BAB_V.pdf] Text
4203131057_BAB_V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131057_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131057_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis PBL, (2) mengetahui praktikalitas E-LKPD berbasis PBL, dan (3) mengetahui efektivitas E-LKPD berbasis PBL. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Nurani Belawan. Instrumen yang digunakan instrumen non-tes berupa angket BSNP dan instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) E-LKPD berbasis PBL dikatakan “valid” setelah di validasi oleh 1 orang dosen kimia dengan rata-rata penilaian materi sebesar 78% dan rata-rata penilaian media sebesar 79% yang dapat dikatakan “layak”; (2) E-LKPD berbasis PBL dikatakan “praktis” setelah mendapatkan respon peserta didik dengan rata-rata penilaian sebesar 87%; (3) E-LKPD berbasis PBL dikatakan “efektif” dengan hasil nilai posttest sebesar 85,25 yang mengalami peningkatan dari 48,25. Maka diperoleh skor N-Gain sebesar 72,29 berada pada kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, E-LKPD, Berbasis PBL, Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 May 2025 06:49
Last Modified: 27 May 2025 06:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60405

Actions (login required)

View Item
View Item