PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI MIS NURUS SALAM DELI TUA

SARI, DELVI MANDA (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASSEMBLR EDU TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI MIS NURUS SALAM DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202111005_Cover.pdf] Text
1202111005_Cover.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of 1202111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of 1202111005_Abstrak.pdf] Text
1202111005_Abstrak.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 1202111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of 1202111005_Daftar_Isi.pdf] Text
1202111005_Daftar_Isi.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of 1202111005_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202111005_Daftar_Gambar.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of 1202111005_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202111005_Daftar_Tabel.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 1202111005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202111005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 1202111005_BAB_I.pdf] Text
1202111005_BAB_I.pdf

Download (649kB)
[thumbnail of 1202111005_BAB_V.pdf] Text
1202111005_BAB_V.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1202111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Assemblr
Edu terhadap hasil belajar IPAS kelas IV Mis Nurus Salam Deli Tua. Metode
penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain
penelitian quasi experimental (experimental semu), bentuknya desain nonequivalent
control group design. Sampel penelitian ini adalah seluruh kelas IV
Mis Nurus Salam Deli Tua yang berjumlah 53 siswa dengan kelas eksperimen
kelas IV-A dengan jumlah 26 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan
jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pilihan
ganda yang terdiri dari 20 soal.teknik analisis data yang digunakan secara statistic
melalui uji t-test yaitu uji t untuk dua sampel independent (dependent sampel ttest).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Assemblr Edu
berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV Mis Nurus Salam Deli
Tua. Secara deskriptif nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 57,04, lebih
kecil dari nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 73,85. Selanjutnya
hasil uji hipotesis uji t diperoleh thitung > ttabel atau 5,10 > 2,01 dengan taraf
signifikan 5% atau 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan
demikian secara statistic dinyatakan bahwa media pembelajaran Assemblr Edu
berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa
kelas IV Mis Nurus Salam Deli Tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Assemblr Edu, Hasil Belajar IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:54
Last Modified: 21 Jul 2025 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60377

Actions (login required)

View Item
View Item