PENGARUH STRATEGI INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SWASTA BUDISATRYA MEDAN

GINTING, DEBORA (2024) PENGARUH STRATEGI INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR SWASTA BUDISATRYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1201111018_Cover.pdf] Text
1201111018_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 1201111018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1201111018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (927kB)
[thumbnail of 1201111018_Abstrak.pdf] Text
1201111018_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 1201111018_Kata_Pengantar.pdf] Text
1201111018_Kata_Pengantar.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of 1201111018_Daftar_Isi.pdf] Text
1201111018_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 1201111018_Daftar_Gambar.pdf] Text
1201111018_Daftar_Gambar.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 1201111018_Daftar_Tabel.pdf] Text
1201111018_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 1201111018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1201111018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1201111018_BAB_I.pdf] Text
1201111018_BAB_I.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 1201111018_BAB_V.pdf] Text
1201111018_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 1201111018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1201111018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Swasta Budisatrya dan menganalisis pengaruh dari strategi Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPAS siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Budisatrya Medan berjumlah 41 orang yang terdiri dari kelas VA dan VB. Kelas VA sebagai kelompok eksperimen berjumlah 21 siswa dan kelas VB sebagai kelompok kontrol berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah tes hasil belajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan menerapkan analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui uji Independent Sample Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPAS siswa mengalami peningkatan baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol yang ditandai dengan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,9 pada kelompok eksperimen yang belajar dengan strategi Inside Outside Circle, dan peningkatan nilai rata-rata sebesar 10,75 pada kelompok kontrol yang belajar dengan metode ceramah-tanya jawab; (2) terdapat pengaruh signifikan dari strategi Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPAS siswa yang ditandai dengan nilai thitung 2,355 > ttabel 1,684 dan nilai Sig. (2-tailed) 0,024 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Inside Outside Circle, Hasil Belajar IPAS.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 07:55
Last Modified: 21 Jul 2025 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60369

Actions (login required)

View Item
View Item