PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V SD NEGERI 095153 TAMBUN BORAS TAHUN AJARAN 2023/2024

SARAGIH, BRYAN (2024) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V SD NEGERI 095153 TAMBUN BORAS TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193311174_Cover.pdf] Text
1193311174_Cover.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 1193311174_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311174_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (942kB)
[thumbnail of 1193311174_Abstrak.pdf] Text
1193311174_Abstrak.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1193311174_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311174_Kata_Pengantar.pdf

Download (950kB)
[thumbnail of 1193311174_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311174_Daftar_Isi.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 1193311174_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311174_Daftar_Gambar.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1193311174_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311174_Daftar_Tabel.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 1193311174_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311174_Daftar_Lampiran.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 1193311174_BAB_I.pdf] Text
1193311174_BAB_I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 1193311174_BAB_V.pdf] Text
1193311174_BAB_V.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 1193311174_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311174_Daftar_Pustaka.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kedisplinan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PJOK kelas V SD Negeri 095153 Tambun Boras Tahun Ajaran 2023/2024. Hal ini dilakukan berdasarkan permasalahan di sekolah yaitu tidak tercapainya hasil belajar siswa karena kurangnya kedisiplinan siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Ex Post Facto yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian dimana variabel idependen telah terjadi ketika peneliti mulai dengan dependen dalam penelitian. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 095153 Tambun Boras, Kecamatan Dolog Masagal, Kabupaten Simalungun pada semester genap T.A 2023/2024.Populasi adalah jumlah siswa di kelas V yang berjumlah 27 siswa dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga sama dengan jumlah populasi.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner angket, Wawancara, dan Dokumentasi. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas angket serta uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas, hipotesis, regresi sederhana, analisis korelasi dan koefisien determinan menggunakan SPSS 22 For Windows Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS 22 keputusan Nilai signifikansi 0,003 ≤ 0,05 maka dapat disimpulkan variabel kedisiplinan (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) dan Ho ditolak dan diperoleh t hitung 3,333 ≥ t tabel 2,059 maka dapat disimpulkan variabel kedisiplinan (X) berpengaruh terhadap hasil belajar (Y) dan Ho ditolak dan diperoleh korelasi sebesar 0,555 dikategorikan memiliki hubungan yang sedang serta kontribusi kedisiplinan terhadap hasil belajar sebesar 0,308 atau 30,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kedisiplinan, Hasil Belajar, Ex Post Facto
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:02
Last Modified: 21 Jul 2025 08:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60318

Actions (login required)

View Item
View Item