PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 11 SABUNGAN T.A 2024/2025

NINGSIH, AYU WIDYA (2024) PENGARUH MEDIA QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 11 SABUNGAN T.A 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311084_Cover.pdf] Text
1203311084_Cover.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 1203311084_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311084_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 1203311084_Abstrak.pdf] Text
1203311084_Abstrak.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 1203311084_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311084_Kata_Pengantar.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 1203311084_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311084_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 1203311084_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311084_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311084_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311084_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203311084_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311084_Daftar_Lampiran.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311084_BAB_I.pdf] Text
1203311084_BAB_I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of 1203311084_BAB_V.pdf] Text
1203311084_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1203311084_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311084_Daftar_Pustaka.pdf

Download (242kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Quizizz
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SDN 11
Sabungan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Experiment yang melibatkan 2
kelompok yaitu kelompok ekperimen dan kontrol. Pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan subjek siswa kelas IV
SD negeri 11 Sabungan tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah total sampel 45
siswa, kelompok eksperimen yaitu kelas IV B sebanyak 22 siswa dan kelompok
kontrol kelas IV A sebanyak 23 siswa. Dalam pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan 3 teknik yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
penelitian dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis
dengan uji independent sample t-test dengan bantuan software SPSS. Hasil
penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media Quizizz pada pembelajaran
IPAS kelas IV SD negeri 11 Sabungan memiliki pengaruh secara signifikan
terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dimana media Quizizz lebih baik
daripada media konvensional (ceramah). Hasil penelitian ini dapat dibuktikan
melalui rata-rata nilai pretest kelompok kontrol sebesar 40,87 dan kelompok
eksperimen sebesar 45,227 kemudian setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata
posttest kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar 67,5 dibandingkan nilai ratarata
kelompok kontrol sebesar 57,174. Berdasarkan uji hipotesis dengan
menggunakan uji independent sample t-test memperoleh nilai signifikasi 0,026
0,050 dan nilai 2,314 2,017. Sehingga kesimpulan dari uji hipotesis
pada penelitian ini yaitu diterima dan ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Media Quizizz, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:01
Last Modified: 21 Jul 2025 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60298

Actions (login required)

View Item
View Item