TRISMIARDINI, AULIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE BERBASIS MAKE A MATCH TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 101895 BANGUN SARI T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1201111012_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Cover.pdf
Download (112kB)
![[thumbnail of 1201111012_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of 1201111012_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Abstrak.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of 1201111012_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
![[thumbnail of 1201111012_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Daftar_Isi.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 1201111012_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Daftar_Gambar.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of 1201111012_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Daftar_Tabel.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 1201111012_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (102kB)
![[thumbnail of 1201111012_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_BAB_I.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of 1201111012_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_BAB_V.pdf
Download (191kB)
![[thumbnail of 1201111012_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1201111012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (219kB)
Abstract
Jenis penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap pertama (analyze) dilakukan analisis kurikulum dan materi, kebutuhan, dan karakteristik siswa. Tahap kedua (design) dilakukan kegiatan merancang sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tahap ketiga (development) dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran puzzle berbasis make a match sekaligus dilakukan penilaian terhadap sebuah media yang dikembangkan. Tahap keempat (implementation) ini dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan. Tahap kelima (evaluation) yaitu tahap perbaikan dan penyempurnaan sebuah produk agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh siswa. Hasil penelitian yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian ini dan divalidasi serta diuji coba lapangan mendapatkan kategori “Sangat Valid” dengan pencapaian validator ahli media diperoleh skor sebesar 89,3% dengan kategori “Sangat Valid”, dari validator ahli materi diperoleh skor 90% dengan kategori “Sangat Valid”, dan validator ahli praktisi pendidikan diperoleh skor 96% dengan kategori “Sangat Praktis”. Selain itu, terdapat pencapaian hasil skor yang meningkat dari sebelum menggunakan media dimana rata-rata hasil pretest yaitu 39 dan setelah menggunakan media rata-rata hasil posttest yaitu menjadi 74 dengan skor N-Gain yaitu sebesar 0,56 dengan kriteria “sedang”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle berbasis make a match yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan mampu meningkatkan penguasaan materi siswa pada mata pelajaran IPAS materi kearifan lokal kelas IV SD Negeri 101895 Bangun Sari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Puzzle Berbasis Make a Match; Penguasaan Materi IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:02 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60296 |