Hutapea, Boima M. (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB SMK NEGERI 1 BALIGE T.A.2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111009 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 5113111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
3. NIM. 5113111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 5113111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 5113111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
6. NIM. 5113111009 TABLES.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7. NIM. 5113111009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM. 5113111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
12. NIM. 5113111009 CHAPRTER V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 5113111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (Quasi eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ilmu bangunan gedung di SMK Negeri 1 Balige
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Balige T.A. 2015/2016, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 28 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengambilan sampel dengan randomized sampling.
Pada uji instrument yang dilaksanakan dari 35 soal yang disebarkan didapat soal yang valid sebanyak 29 dan 6 soal yang tidak valid.
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini, ditemukan pada hasil belajar siswa mengunakan model pembelajaran Group Investigation dengan rata-rata nilai 82,88 sedangkan hasil belajar kelas kontrol dengan nilai rata-rata 76,44.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran imu bangunan gedung siswa kelas X program keahlian TGB SMK Negeri 1 Balige
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 013 |
Keywords: | Model Pembelajaran Group Investigation; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:53 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6025 |