Nainggolan, Roy (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KBB SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111037 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 5113111037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (929kB) | Preview
3. NIM. 5113111037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM. 5113111037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
5. NIM. 5113111037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 5113111037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5113111037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM. 5113111037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
9. NIM. 5113111037 BAB I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
13. NIM. 5113111037 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 5113111037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Siatas Barita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 20 orang.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Pada siklus I mempelajari pengenalan tentang batu bata, bahan pembuatan, ciri-ciri dan proses pembuatannya. Pada siklus II mempelajari tentang pemeriksaan batu bata, faktor-faktor pada pemasangan batu bata dan macam-macam pasangan batu bata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat tiap pertemuan, dimana pada pertemuan pertama siklus I hanya 1 siswa (5%) berpredikat cukup aktif dengan nilai rata-rata 55,50 dan pertemuan kedua meningkat menjadi 5 siswa (25%) cukup aktif, 2 siswa (10%) aktif dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 63,83. Demikian juga pada siklus II pada pertemuan pertama 7 siswa (35%) cukup aktif, 6 siswa (30%) aktif dengan nilai rata-rata 74,00 meningkat menjadi 2 siswa (10%) cukup aktif, 16 siswa (80%) berpredikat aktif dan 1 siswa (5%) sangat aktif dengan nilai rata-rata 81,17 pada pertemuan kedua. Sama halnya dengan aktivitas belajar, hasil belajar juga mengalami peningkatan dimana pada pre-test siklus I hanya terdapat 5 siswa (25%) cukup kompeten dan 1 siswa (5%) kompeten dengan rata 53,13 meningkat menjadi 7 siswa (35%) cukup kompeten, 3 siswa (15%) kompeten dan 1 siswa (5%) sangat kompeten dengan nilai rata-rata 70,63 pada post-test siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 3 siswa (15%) cukup kompeten, 14 siswa (70%) kompeten dan 2 siswa (10%) sangat kompeten dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 82,92. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung pada siswa kelas X program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Siatas Barita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 022 |
Keywords: | Model Pembelajaran Take and Give; Aktivitas Belajar Siswa ; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:49 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6024 |