PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 050750 PANGKALAN BERANDAN

SIREGAR, AMALIA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 050750 PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311104_Cover.pdf] Text
1203311104_Cover.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1203311104_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
1203311104_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (7MB)
[thumbnail of 1203311104_Abstrak.pdf] Text
1203311104_Abstrak.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 1203311104_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311104_Kata_Pengantar.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1203311104_Daftar_Isi.PDF] Text
1203311104_Daftar_Isi.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of 1203311104_Daftar_Gambar.PDF] Text
1203311104_Daftar_Gambar.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of 1203311104_Daftar_Tabel.PDF] Text
1203311104_Daftar_Tabel.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of 1203311104_Daftar_Lampiran.PDF] Text
1203311104_Daftar_Lampiran.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of 1203311104_BAB_I.PDF] Text
1203311104_BAB_I.PDF

Download (7MB)
[thumbnail of 1203311104_BAB_V.PDF] Text
1203311104_BAB_V.PDF

Download (7MB)
[thumbnail of 1203311104_Daftar_Pustaka.PDF] Text
1203311104_Daftar_Pustaka.PDF

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat melihat pengaruh model pembelajaran PDEODE pada hasil belajar peserta didik Pada Pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 050750 Pangkalan Berandan. Jenis penelitian yaitu ialah quasi eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Experimen. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa di SD Negeri 050750 Pangkalan Berandan. Objek penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran PDEODE. Metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase kelulusan posttest, pada kelas eksperimen dari 23 siswa hanya 19 siswa tuntas mencapai KKM memiliki persentase 83%. Sisanya 4 siswa tidak tuntas sebab nilainya tidak mencapai KKM memiliki persentase 17%, sedangkan data nilai posttest kelas kontrol dari 19 siswa da 13 siswa tuntas karena mencapai KKM dengan persentase 59%. Sisanya 6 siswa tidak tuntas karena nilainya tidak mencapai KKM dengan persentase 31%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: PDEODE, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:07
Last Modified: 21 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60239

Actions (login required)

View Item
View Item