SIREGAR, AMALIA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 050750 PANGKALAN BERANDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311104_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Cover.pdf
Download (148kB)
![[thumbnail of 1203311104_Lembar_Pengesahan.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Lembar_Pengesahan.PDF
Download (7MB)
![[thumbnail of 1203311104_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Abstrak.pdf
Download (241kB)
![[thumbnail of 1203311104_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Kata_Pengantar.pdf
Download (232kB)
![[thumbnail of 1203311104_Daftar_Isi.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Daftar_Isi.PDF
Download (6MB)
![[thumbnail of 1203311104_Daftar_Gambar.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Daftar_Gambar.PDF
Download (6MB)
![[thumbnail of 1203311104_Daftar_Tabel.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Daftar_Tabel.PDF
Download (6MB)
![[thumbnail of 1203311104_Daftar_Lampiran.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Daftar_Lampiran.PDF
Download (6MB)
![[thumbnail of 1203311104_BAB_I.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_BAB_I.PDF
Download (7MB)
![[thumbnail of 1203311104_BAB_V.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_BAB_V.PDF
Download (7MB)
![[thumbnail of 1203311104_Daftar_Pustaka.PDF]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311104_Daftar_Pustaka.PDF
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat melihat pengaruh model pembelajaran PDEODE pada hasil belajar peserta didik Pada Pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 050750 Pangkalan Berandan. Jenis penelitian yaitu ialah quasi eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Experimen. Subjek penelitian ini adalah 42 siswa di SD Negeri 050750 Pangkalan Berandan. Objek penelitian ini yaitu pengaruh model pembelajaran PDEODE. Metode pengumpulan data yang digunakan pada saat penelitian adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan yaitu data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase kelulusan posttest, pada kelas eksperimen dari 23 siswa hanya 19 siswa tuntas mencapai KKM memiliki persentase 83%. Sisanya 4 siswa tidak tuntas sebab nilainya tidak mencapai KKM memiliki persentase 17%, sedangkan data nilai posttest kelas kontrol dari 19 siswa da 13 siswa tuntas karena mencapai KKM dengan persentase 59%. Sisanya 6 siswa tidak tuntas karena nilainya tidak mencapai KKM dengan persentase 31%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | PDEODE, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:07 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60239 |