PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PASANGAN (KAPAS) PADA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI DI KELAS IV SD SWASTA HARVARD SCHOOL MEDAN T.A. 2023/2024

Adlina, Amalia Eharfa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PASANGAN (KAPAS) PADA PELAJARAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI DI KELAS IV SD SWASTA HARVARD SCHOOL MEDAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203111161_Cover.pdf] Text
1203111161_Cover.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 1203111161_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203111161_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of 1203111161_Abstrak.pdf] Text
1203111161_Abstrak.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1203111161_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203111161_Kata_Pengantar.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 1203111161_Daftar_Isi.pdf] Text
1203111161_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1203111161_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203111161_Daftar_Gambar.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111161_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203111161_Daftar_Tabel.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 1203111161_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203111161_Daftar_Lampiran.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 1203111161_BAB_I.pdf] Text
1203111161_BAB_I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 1203111161_BAB_V.pdf] Text
1203111161_BAB_V.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 1203111161_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203111161_Daftar_Pustaka.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran kartu pasangan (KAPAS) pada pelajaran IPAS Materi Mengubah Bentuk Energi dan juga untuk melihat tingkat kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan pada media pembelajaran kartu pasangan (KAPAS). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun hasil penelitian dari pengembangan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran kartu pasangan (KAPAS) pada pelajaran IPAS Materi Mengubah Bentuk Energi dikatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV SD Swasta Harvard School Medan. Uji kelayakan dan kepraktisan media diperoleh dari nilai yang diberikan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pendidikan yaitu guru. Uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor 65 dengan presentase yaitu 87% dan berada pada kategori “Sangat layak”, uji kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor 65 dengan presentase 93% dan berada pada kategori “Sangat layak”, selanjutnya untuk praktikalitas media yang dinilai oleh praktisi pendidikan yaitu guru mendapatkan skor 62 dengan presentase sebesar 95% dan berada pada katergori “Sangat praktis”. keefektifan media yang dikembangkan dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah menjalani pre-test dan post-test. Hasil pelaksanaannya menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata hasil belajar pada pre-test sebesar 56%, sementara rata-rata pada post-test mencapai 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Kartu Pasangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:07
Last Modified: 21 Jul 2025 08:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60237

Actions (login required)

View Item
View Item