Winata, Muhammad Zeki (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU DAN BETON DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113311018 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 5113311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
3. NIM 5113311018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM 5113311018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
5. NIM 5113311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 5113311018 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 5113311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 5113311018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
9. NIM 5113311018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM 5113311018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 5113311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar konstruksi bangunan. 2) memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar konstruksi bangunan.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X KBB I dan KBB II Semester Ganjil di SMK Negeri 2 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen (X KBB I) berjumlah 36 orang dan kelas kontrol (X KBB II) berjumlah 36 orang. Sebelum melakukan penelitian telah dilakukan uji coba instrumen sebanyak 30 butir soal, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran pengetahuan dasar teknik konstruksi bangunan dalam bentuk objektif tes sebanyak 25 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping) adalah pre test sebesar 65,00 dan post test sebesar 80,11 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 64,111 dan post test sebesar 72,000. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 2,836 > 1,673 pada taraf signifikan 5% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran peta pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X program keahlian teknik konstruksi batu dan beton di SMK Negeri 2 Medan T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 008 |
Keywords: | Penggunaan Model Pembelajaran Mind Map; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 07:40 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6022 |