GINTING, AGNES JENITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STAR WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI INDONESIA KAYA RAYA DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 1203311102_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Cover.pdf
Download (44kB)
![[thumbnail of 1203311102_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (302kB)
![[thumbnail of 1203311102_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Abstrak.pdf
Download (166kB)
![[thumbnail of 1203311102_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Kata_Pengantar.pdf
Download (162kB)
![[thumbnail of 1203311102_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
![[thumbnail of 1203311102_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
![[thumbnail of 1203311102_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Daftar_Tabel.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of 1203311102_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
![[thumbnail of 1203311102_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_BAB_I.pdf
Download (438kB)
![[thumbnail of 1203311102_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_BAB_V.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 1203311102_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1203311102_Daftar_Pustaka.pdf
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
model pembelajaran LSQ (Learning Start With a Question) terhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran IPAS dengan materi Indonesia kaya raya kelas V SD
Negeri 101771 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang T.A
2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode Quasi
Eksperimen, dengan objek penelitian Pengaruh Model Pembelajaran LSQ (X)
terhadap hasil belajar (Y). Peneliti mengambil 2 sampel kelas untuk dijadikan
kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 62 siswa. Kelas VA yang
merupakan kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan kelas VB yang merupakan kelas
eksperimen berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yang digunkaan yaitu uji
normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa
terdapat peningkatan rata-rata sebesar 44,63 di kelas eksperimen dan sebesar
29,82 di kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji paired samples test di atas terlihat
angka Sig. (2tailed) 0,000 < 0,05, sehingga sesuai dasar untuk mengambil
keputusan uji paired samples test dinyatakan H0 ditolak serta Ha diterima. Maka
dikatakan ada beda signifikan angka perlakuan/treatmeant (memakai model
pembelajaran Problem Solving) dengan nilai sesudah perlakuan/treatmeant
(menggunakan model LSQ). Mengacu pada dasar mengambil keputusan dari nilai
thitung dengan ttabel yang dibandingkan, disimpulkan bahwa H0 ditolak serta Ha
diterima, ada perbedaan rerata hasil belajar siswa kelas kontrol serta kelas
eksperimen, atau dikatakan “Terdapat pengaruh yang signifikan pada model
pembelajaran LSQ (Learning Start With A Question) terhadap hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Learning Star With A Question (LSQ) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:08 |
Last Modified: | 21 Jul 2025 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60215 |