EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GASING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SDN 173420 POLLUNG

GULTOM, AGNES AGUSTINA (2024) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN GASING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SDN 173420 POLLUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311039_Cover.pdf] Text
1203311039_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1203311039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1203311039_Abstrak.pdf] Text
1203311039_Abstrak.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 1203311039_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311039_Kata_Pengantar.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 1203311039_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311039_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1203311039_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311039_Daftar_Gambar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 1203311039_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311039_Daftar_Tabel.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 1203311039_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311039_Daftar_Lampiran.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 1203311039_BAB_I.pdf] Text
1203311039_BAB_I.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 1203311039_BAB_V.pdf] Text
1203311039_BAB_V.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 1203311039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran
Gasing terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas VI SDN
173420 Pollung T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
dengan pendekatan eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VI berjumlah 27 anak. Instrumen penelitian terdiri dari (1)
Lembar wawancara terkait hasil belajar matematika, dan (2) instrumen tes berupa
soal untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data dilakukan
dengan deskriptif dan dilanjutkan dengan uji N-Gain untuk menguji taraf
keefektifan metode pembelajaran. Berdasarkan analisis data deskriptif statistik,
nilai rata-rata pre-test adalah 45,7 dan nilai post-test adalah 80,5. Kemudian
dalam uji hipotesis melalui uji N-Gain dengan taraf keefektifan 70%, sehingga
dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Gasing cukup efektif terhadap
hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas VI. Dari jabaran diatas maka,
Ho ditolak dan Ha diterima, artinya: Efektivitas metode pembelajaran Gasing
terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang kelas VI SDN 173420
Pollung T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran Gasing, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:08
Last Modified: 21 Jul 2025 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60214

Actions (login required)

View Item
View Item