PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) DI KELAS IV SDN 060863 MEDAN TIMUR

IRWANI, ADE (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) DI KELAS IV SDN 060863 MEDAN TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1203311103_Cover.pdf] Text
1203311103_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1203311103_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1203311103_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (972kB)
[thumbnail of 1203311103_Abstrak.pdf] Text
1203311103_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1203311103_Kata_Pengantar.pdf] Text
1203311103_Kata_Pengantar.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 1203311103_Daftar_Isi.pdf] Text
1203311103_Daftar_Isi.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 1203311103_Daftar_Gambar.pdf] Text
1203311103_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1203311103_Daftar_Tabel.pdf] Text
1203311103_Daftar_Tabel.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1203311103_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1203311103_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1203311103_BAB_I.pdf] Text
1203311103_BAB_I.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 1203311103_BAB_V.pdf] Text
1203311103_BAB_V.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 1203311103_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1203311103_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan
keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering and Mathematics) di kelas IV SDN 060863 Medan
Timur. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap: analysis (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek
pada penelitian ini yaitu validator ahli media, validator ahli materi, dan praktisi
pendidikan, serta 27 siswa kelas IV SDN 060863 Medan Timur. Instrumem
penelitian meliputi wawancara, kuesioner dan tes. Data dianalisis secara kuantiatif
dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi oleh ahli media dilakukan
dalam 2 tahap, dengan hasil 85,3% (Sangat Layak) dan 95,3% (Sangat Layak).
Validasi oleh ahli materi dilakukan dalam dua tahap, dengan hasil 80% (Layak)
dan 92% (Sangat Layak). Uji kepraktisan dilakukan kepada praktisi pendidikan
dan memperoleh persentase kepraktisan sebesar 94,8% (Sangat Praktis).
Berdasarkan hasil keefektifan LKPD, hasil pre-test dan post-test menunukkan
rata-rata pre-test 37,7 dan rata-rata post-test 84,8. dengan kategori “Sangat
Tuntas”. Dengan adanya peningkatan nilai post-test ini, dapat disimpulkan bahwa
LKPD berbasis STEM “Efektif” digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, LKPD
berbasis STEM ini layak, praktis dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), STEM (Science Technology, Engineering and Mathematics).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:11
Last Modified: 21 Jul 2025 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60203

Actions (login required)

View Item
View Item