IRWANI, ADE (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) DI KELAS IV SDN 060863 MEDAN TIMUR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1203311103_Cover.pdf
Download (121kB)
1203311103_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (972kB)
1203311103_Kata_Pengantar.pdf
Download (267kB)
1203311103_Abstrak.pdf
Download (212kB)
1203311103_Daftar_Isi.pdf
Download (164kB)
1203311103_Daftar_Tabel.pdf
Download (136kB)
1203311103_Daftar_Gambar.pdf
Download (110kB)
1203311103_Daftar_Lampiran.pdf
Download (111kB)
1203311103_BAB_I.pdf
Download (496kB)
1203311103_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311103_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (952kB)
1203311103_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1203311103_BAB_V.pdf
Download (232kB)
1203311103_Daftar_Pustaka.pdf
Download (239kB)
1203311103_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan
keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering and Mathematics) di kelas IV SDN 060863 Medan
Timur. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri
dari 5 tahap: analysis (analisis), design (perancangan), development
(pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek
pada penelitian ini yaitu validator ahli media, validator ahli materi, dan praktisi
pendidikan, serta 27 siswa kelas IV SDN 060863 Medan Timur. Instrumem
penelitian meliputi wawancara, kuesioner dan tes. Data dianalisis secara kuantiatif
dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan validasi oleh ahli media dilakukan
dalam 2 tahap, dengan hasil 85,3% (Sangat Layak) dan 95,3% (Sangat Layak).
Validasi oleh ahli materi dilakukan dalam dua tahap, dengan hasil 80% (Layak)
dan 92% (Sangat Layak). Uji kepraktisan dilakukan kepada praktisi pendidikan
dan memperoleh persentase kepraktisan sebesar 94,8% (Sangat Praktis).
Berdasarkan hasil keefektifan LKPD, hasil pre-test dan post-test menunukkan
rata-rata pre-test 37,7 dan rata-rata post-test 84,8. dengan kategori “Sangat
Tuntas”. Dengan adanya peningkatan nilai post-test ini, dapat disimpulkan bahwa
LKPD berbasis STEM “Efektif” digunakan dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa, LKPD
berbasis STEM ini layak, praktis dan efektif digunakan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), STEM (Science Technology, Engineering and Mathematics). |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:11 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 02:38 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60203 |
