PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA T.A 2023/2024

SIREGAR, SYLVIA SERURY BR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1202311004_Cover.pdf] Text
1202311004_Cover.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 1202311004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1202311004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (929kB)
[thumbnail of 1202311004_Abstrak.pdf] Text
1202311004_Abstrak.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 1202311004_Kata_Pengantar.pdf] Text
1202311004_Kata_Pengantar.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 1202311004_Daftar_Isi.pdf] Text
1202311004_Daftar_Isi.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 1202311004_Daftar_Gambar.pdf] Text
1202311004_Daftar_Gambar.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 1202311004_Daftar_Tabel.pdf] Text
1202311004_Daftar_Tabel.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1202311004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1202311004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1202311004_BAB_I.pdf] Text
1202311004_BAB_I.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of 1202311004_BAB_V.pdf] Text
1202311004_BAB_V.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 1202311004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1202311004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

Peneliti ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Pembelajaran Cooperative Script pada mata Pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota T.A 2023/2024. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 023972 yang berjumlah 40 orang dan terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A dan V-B dengan jumlah masing masing kelasnya 20 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Dan kelas V-B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikat ke arah positif dari penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi Daerahku Kebangganku kelas V SDN 023972 Kecamatan Binjai Kota yang dapat dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat juga dilihat dari perolehan hasil uji hipotesis penelitian dengan uji t dengan ketentuan nilai posttest, thitung > ttabel maka dengan ini hasil yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,28 > 2,02 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran, Cooperative Script
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:18
Last Modified: 21 Jul 2025 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60189

Actions (login required)

View Item
View Item