SIREGAR, SYLVIA SERURY BR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 023972 KECAMATAN BINJAI KOTA T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1202311004_Cover.pdf
Download (255kB)
1202311004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (929kB)
1202311004_Abstrak.pdf
Download (306kB)
1202311004_Kata_Pengantar.pdf
Download (351kB)
1202311004_Daftar_Isi.pdf
Download (336kB)
1202311004_Daftar_Tabel.pdf
Download (260kB)
1202311004_Daftar_Gambar.pdf
Download (273kB)
1202311004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (198kB)
1202311004_BAB_I.pdf
Download (528kB)
1202311004_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202311004_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (706kB)
1202311004_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1202311004_BAB_V.pdf
Download (281kB)
1202311004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (316kB)
1202311004_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Peneliti ini dilatar belakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Pembelajaran Cooperative Script pada mata Pelajaran IPAS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota T.A 2023/2024. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Desain penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri 023972 yang berjumlah 40 orang dan terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A dan V-B dengan jumlah masing masing kelasnya 20 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Dan kelas V-B berjumlah 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikat ke arah positif dari penggunaan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada materi Daerahku Kebangganku kelas V SDN 023972 Kecamatan Binjai Kota yang dapat dilihat dari hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat juga dilihat dari perolehan hasil uji hipotesis penelitian dengan uji t dengan ketentuan nilai posttest, thitung > ttabel maka dengan ini hasil yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,28 > 2,02 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 023972 Kecamatan Binjai Kota T.A 2023/2024.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Hasil belajar, Model Pembelajaran, Cooperative Script |
| Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:18 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:47 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60189 |
