SILALAHI, SONDANG (2024) ANALISIS MODUL AJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA DI TK SANTO THOMAS 2 TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
1191113011_Cover.pdf
Download (50kB)
1191113011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (367kB)
1191113011_Abstrak.pdf
Download (60kB)
1191113011_Kata_Pengantar.pdf
Download (345kB)
1191113011_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
1191113011_Daftar_Tabel.pdf
Download (31kB)
1191113011_Daftar_Gambar.pdf
Download (32kB)
1191113011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (79kB)
1191113011_BAB_I.pdf
Download (226kB)
1202413010_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (903kB)
1202413010_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (932kB)
1202413010_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (595kB)
1191113011_BAB_V.pdf
Download (59kB)
1191113011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (117kB)
1202413010_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis modul ajar yang diterapkan di TK Santo Thomas 2
Medan dalam konteks Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka yang diadopsi sekolah ini
menawarkan pendekatan yang lebih fleksibel dan mengutamakan perkembangan anak usia dini,
baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Analisis ini berfokus pada struktur modul
ajar, kesesuaian dengan karakteristik anak usia dini, serta penerapan prinsip pembelajaran yang
berpusat pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif, yang dilakukan
melalui kajian dokumen modul ajar dan wawancara dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa modul ajar di TK Santo Thomas 2 Medan telah dirancang untuk mendukung
pengembangan kreativitas, kemandirian, dan karakter anak sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
Meskipun demikian, tantangan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ini meliputi
keterbatasan sumber daya dan kebutuhan peningkatan kompetensi guru dalam memaksimalkan
fleksibilitas kurikulum. Kesimpulannya, modul ajar di TK Santo Thomas 2 Medan sudah
mendukung konsep Kurikulum Merdeka, namun diperlukan dukungan lebih lanjut dalam hal
pelatihan dan pengembangan sumber daya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Modul ajar, Kurikulum Merdeka |
| Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
| Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
| Date Deposited: | 21 Jul 2025 08:22 |
| Last Modified: | 25 Aug 2025 07:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60184 |
