PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 LUBUK PAKAM.

Lubis, Nurul Husniyah (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5111511010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5111511010 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5111511010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5111511010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5111511010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5111511010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5111511010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5111511010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5111511010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5111511010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5111511010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5111511010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5111511010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5111511010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5111511010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5111511010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5111511010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5111511010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5111511010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5111511010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (DI) pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I (ganjil), pada dua kelas yaitu kelas X TGB A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TGB B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain penelitian semu atau quasy eksperimental. Dari perhitungan hasil uji coba instrumen diperoleh 34 soal valid yang digunakan untuk penelitian. Perhitungan hasil belajar siswa pada kemampuan kognitif, diperoleh rata – rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (12,514) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (10,886). Hasil perhitungan uji hipotesis ANAVA, diperoleh Fhitung = 4,341 lebih besar dari Ftabel = 3,984. Kemudian dilanjutkan dengan uji t, diperoleh thitung = 2,092 > ttabel = 1,672. Perhitungan hasil belajar siswa pada kemampuan psikomotorik, diperoleh rata – rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (11,657) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (9,971). Hasil perhitungan uji hipotesis ANAVA, diperoleh Fhitung = 7,402 lebih besar dari Ftabel = 3,984. Kemudian dilanjutkan dengan uji t, diperoleh thitung = 2,721 > ttabel = 1,672. Hasil penelitian untuk kemampuan kognitif dan psikomotorik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction. Perhitungan hasil belajar siswa pada kemampuan afektif, diperoleh rata – rata skor hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (38,26) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (37,00). Hasil perhitungan uji hipotesis ANAVA, diperoleh Fhitung = 1,827 lebih kecil dari Ftabel = 3,984 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan secara nyata untuk kedua model pembelajaran tersebut, dengan kata lain kemampuan afektif siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan afektif siswa pada kelas kontrol.
Rata-rata peningkatan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan pada siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Togehter pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.A 2015/2016 lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran Direct Instruction. Dengan demikian model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Hasil penelitian ini hendaknya bermanfaat bagi guru, siswa, dan pihak sekolah dalam meningkatkan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 009
Keywords: Numbered Heads Together; HasilBelajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:06
Last Modified: 27 Jun 2016 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6016

Actions (login required)

View Item
View Item