PERBEDAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PBL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Hutagaol, Rahul (2024) PERBEDAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PBL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331019_Cover.pdf] Text
4203331019_Cover.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 4203331019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4203331019_Abstrak.pdf] Text
4203331019_Abstrak.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4203331019_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331019_Kata_Pengantar.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 4203331019_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331019_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4203331019_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331019_Daftar_Gambar.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4203331019_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331019_Daftar_Tabel.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203331019_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331019_Daftar_Lampiran.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4203331019_BAB_I.pdf] Text
4203331019_BAB_I.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 4203331019_BAB_V.pdf] Text
4203331019_BAB_V.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4203331019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami oleh siswa. Karakteristik materi pelajaran kimia meliputi teori-teori yang bersifat abstrak, sifat-sifat kimia dan unsur dari senyawa yang sangat beragam, dan disertai banyak perhitungan, juga ada beberapa faktor yang disebabkan oleh guru yang hanya menggunakan metode lama dalam proses pembelajaran dan tidak menggunakan model ataupun media pembelajaran yang mendukung proses berjalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan powerpoint pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Silimapunggapungga dan masing-masing berjumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen I dan eksperimen II. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia siswa yang berbentuk pilihan ganda yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test dan uji Korelasi antara hasil belajar dan aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh pada uji hipotesis pertama dan kedua diperoleh nilai �hitung > �tabel yaitu sebesar 4,9 > 1,66 dan 4,98 > 1,66 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan powerpoint pada materi larutan peyangga.Adapun hasil dan aktivitas belajar berkorelasi secara signifikan yang diperoleh dari nilai �hitung > �tabel yaitu 0,50 > 0,34.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Video Pembelajaran, Powerpoint, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:54
Last Modified: 25 Feb 2025 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60157

Actions (login required)

View Item
View Item