Hutagaol, Rahul (2024) PERBEDAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN MEDIA POWERPOINT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PBL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331019_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Cover.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 4203331019_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (139kB)
![[thumbnail of 4203331019_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Abstrak.pdf
Download (256kB)
![[thumbnail of 4203331019_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Kata_Pengantar.pdf
Download (212kB)
![[thumbnail of 4203331019_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Daftar_Isi.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of 4203331019_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Daftar_Gambar.pdf
Download (132kB)
![[thumbnail of 4203331019_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Daftar_Tabel.pdf
Download (192kB)
![[thumbnail of 4203331019_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (198kB)
![[thumbnail of 4203331019_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_BAB_I.pdf
Download (260kB)
![[thumbnail of 4203331019_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_BAB_V.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of 4203331019_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (200kB)
Abstract
Mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit dipahami oleh siswa. Karakteristik materi pelajaran kimia meliputi teori-teori yang bersifat abstrak, sifat-sifat kimia dan unsur dari senyawa yang sangat beragam, dan disertai banyak perhitungan, juga ada beberapa faktor yang disebabkan oleh guru yang hanya menggunakan metode lama dalam proses pembelajaran dan tidak menggunakan model ataupun media pembelajaran yang mendukung proses berjalannya pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan powerpoint pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu terdiri dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Silimapunggapungga dan masing-masing berjumlah 34 siswa. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan kelas eksperimen I dan eksperimen II. Instrument tes yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes hasil belajar kimia siswa yang berbentuk pilihan ganda yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test dan uji Korelasi antara hasil belajar dan aktivitas siswa. Dari hasil penelitian diperoleh pada uji hipotesis pertama dan kedua diperoleh nilai �hitung > �tabel yaitu sebesar 4,9 > 1,66 dan 4,98 > 1,66 yang menandakan bahwa terdapat perbedaan signifikan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dan powerpoint pada materi larutan peyangga.Adapun hasil dan aktivitas belajar berkorelasi secara signifikan yang diperoleh dari nilai �hitung > �tabel yaitu 0,50 > 0,34.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Video Pembelajaran, Powerpoint, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60157 |