Fajirah, Nurul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203331002_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Cover.pdf
Download (37kB)
![[thumbnail of 4203331002_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of 4203331002_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Abstrak.pdf
Download (59kB)
![[thumbnail of 4203331002_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Kata_Pengantar.pdf
Download (182kB)
![[thumbnail of 4203331002_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Daftar_Isi.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 4203331002_Daftar_Gambar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Daftar_Gambar.pdf
Download (121kB)
![[thumbnail of 4203331002_Daftar_Tabel.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Daftar_Tabel.pdf
Download (54kB)
![[thumbnail of 4203331002_Daftar_Lampiran.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (56kB)
![[thumbnail of 4203331002_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_BAB_I.pdf
Download (144kB)
![[thumbnail of 4203331002_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_BAB_V.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of 4203331002_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203331002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (134kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi pada materi laju reaksi. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video Animasi pada materi laju reaksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 10 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu XI IPA 3 dan XI IPA 1. Instrumen yang digunakan adalah tes essay kemampuan berpikir kreatif berjumlah 12 butir soal yang valid dan lembar observasi keterampilan proses sains. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dengan hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (5,42 > 1,997) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa lebih besar daripada penggunaan model konvensional pada materi reaksi redoks dengan nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,67 (67,42%) dan nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,56 (55,76%). Kemudian pada uji korelasi antara keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa memperoleh nilai koefisien korelasi 0,71 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses Sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 07:19 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60146 |