PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Fajirah, Nurul (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331002_Cover.pdf] Text
4203331002_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 4203331002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 4203331002_Abstrak.pdf] Text
4203331002_Abstrak.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 4203331002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331002_Kata_Pengantar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 4203331002_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331002_Daftar_Isi.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203331002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331002_Daftar_Gambar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 4203331002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331002_Daftar_Tabel.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4203331002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 4203331002_BAB_I.pdf] Text
4203331002_BAB_I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 4203331002_BAB_V.pdf] Text
4203331002_BAB_V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203331002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (134kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video animasi pada materi laju reaksi. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan video Animasi pada materi laju reaksi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 10 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yaitu XI IPA 3 dan XI IPA 1. Instrumen yang digunakan adalah tes essay kemampuan berpikir kreatif berjumlah 12 butir soal yang valid dan lembar observasi keterampilan proses sains. Uji hipotesis menggunakan uji t pihak kanan dengan hasil penelitian diperoleh nilai thitung> ttabel (5,42 > 1,997) artinya Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti pengaruh penggunaan model Project Based Learning berbantuan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa lebih besar daripada penggunaan model konvensional pada materi reaksi redoks dengan nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,67 (67,42%) dan nilai N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,56 (55,76%). Kemudian pada uji korelasi antara keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir kreatif siswa memperoleh nilai koefisien korelasi 0,71 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kreatif, Keterampilan Proses Sains.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:19
Last Modified: 25 Feb 2025 07:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60146

Actions (login required)

View Item
View Item