PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Siregar, Nurhidayah (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331014_Cover.pdf] Text
4203331014_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203331014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 4203331014_Abstrak.pdf] Text
4203331014_Abstrak.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4203331014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331014_Kata_Pengantar.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4203331014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331014_Daftar_Isi.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 4203331014_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331014_Daftar_Gambar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203331014_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331014_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203331014_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331014_Daftar_Lampiran.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 4203331014_BAB_I.pdf] Text
4203331014_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4203331014_BAB_V.pdf] Text
4203331014_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4203331014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : mengetahui validitas e-modul berbasis PjBL, mengetahui praktikalitas e-modul berbasis PjBL, mengetahui efektivitas e-modul berbasis PjBL, dan mengetahui apakah terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Medan dengan sampel yang di teliti adalah kelas XI IPA 2. Instrumen yang digunakan instrumen non-tes berupa angket BSNP dan instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan reliabilitas 0,87. Teknik analisis data dilakukan dengan: uji kelayakan e-modul sesuai BSNP, uji minat belajar, dan uji korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: E-modul berbasis PjBL dikatakan “valid” setelah di validasi oleh 1 orang dosen kimia dengan rata-rata penilaian materi sebesar 89 dan rata-rata penilaian media sebesar 92 yang dapat dikategorikan “sangat layak”; E-modul berbasis PjBL dikatakan “praktis” setelah mendapatkan respon guru kimia dengan rata-rata 94 yang dapat dikategorikan “sangat layak” dan respon siswa dengan rata-rata penilaian sebesar 98;. E-modul berbasis PjBL dikatakan “efektif” dengan hasil nilai posttest sebesar 93 yang mengalami peningkatan dari 58. Maka diperoleh skor N-Gain sebesar 0,83 (83%) berada pada kriteria tinggi ; Terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dimana rhitung sebesar 0,647 dan rtabel sebesar 0,361.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan, E-Modul, Berbasis PjBL, Korelasi, Laju Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 07:01
Last Modified: 25 Feb 2025 07:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60140

Actions (login required)

View Item
View Item