PENGEMBANGAN MEDIA SMART APPS CREATOR TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Puspita, Novi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SMART APPS CREATOR TERINTEGRASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131002_Cover.pdf] Text
4201131002_Cover.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 4201131002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 4201131002_Abstrak.pdf] Text
4201131002_Abstrak.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 4201131002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131002_Kata_Pengantar.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 4201131002_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131002_Daftar_Isi.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of 4201131002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201131002_Daftar_Gambar.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4201131002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201131002_Daftar_Tabel.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4201131002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201131002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4201131002_BAB_I.pdf] Text
4201131002_BAB_I.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4201131002_BAB_V.pdf] Text
4201131002_BAB_V.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4201131002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Perkembangan abad 21 menuntut pendidik agar mampu menguasai teknologi guna menciptakan pembelajaran yang lebih menarik. Salah satu teknologi yang dimanfaatkan yaitu aplikasi Smart Apps Creator. Hal ini disebabkan, aplikasi tersebut dapat dirancang tanpa memerlukan keahlian pemrograman khusus. Penelitian dilakukan di salah satu SMA Negeri kota Medan. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif, menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Development, and Dissemination) yang bertujuan mengetahui proses pembuatan media dan mengukur tingkat kelayakan media. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 ahli media, guru, dan 36 siswa kelas XI MIA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya lembar observasi dan wawancara, angket ahli media, angket respon guru dan siswa yang dianalisis menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh kriteria “sangat layak/valid” dari ahli media dengan besar persentase yaitu 97%. Sedangkan hasil respon guru diperoleh kriteria “sangat praktis” dengan besar persentase yaitu 91% dan hasil respon siswa sebagai uji coba kelompok kecil diperoleh kriteria “praktis” dengan persentase 80%. Melalui data tersebut menunjukkan bahwa media Smart Apps Creator terintegrasi model pembelajaran Discovery Learning sangat layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran, Smart Apps Creator, Dicovery Learning, Laju reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 06:40
Last Modified: 25 Feb 2025 06:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60135

Actions (login required)

View Item
View Item