PENGARUH MEDIA WEBLOG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMAN 18 MEDAN

Marpaung, Natasya Laura (2024) PENGARUH MEDIA WEBLOG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMAN 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203331015_Cover.pdf] Text
4203331015_Cover.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of 4203331015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203331015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 4203331015_Abstrak.pdf] Text
4203331015_Abstrak.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4203331015_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203331015_Kata_Pengantar.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 4203331015_Daftar_Isi.pdf] Text
4203331015_Daftar_Isi.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4203331015_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203331015_Daftar_Gambar.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 4203331015_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203331015_Daftar_Tabel.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4203331015_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203331015_Daftar_Lampiran.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 4203331015_BAB_I.pdf] Text
4203331015_BAB_I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 4203331015_BAB_V.pdf] Text
4203331015_BAB_V.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4203331015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203331015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMAN 18 Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah ada pengaruh media Weblog dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar pada materi larutan penyangga; (2) mengetahui respon penggunaan media Weblog dengan model Problem Based Learning pada materi larutan penyangga; (3) mengetahui korelasi positif dan signifikan antara respon dan peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan dengan media weblog dengan model Problem Based Learning pada materi larutan penyangga. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, kelas pertama dijadikan kelas eksperimen dan kelas kedua dijadikan kelas kontrol.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak kanan,hasil penelitian pada taraf signifikasi = 0,05 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,04 > 1,99) maka Ha diterima ada pengaruh media Weblog dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar pada materi larutan penyangga. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen 78,05% dan kelas kontrol 59,36%. Respon terhadap media weblog dengan model Problem Based Learning adalah 75,5% termasuk kategori menarik.Uji korelasi respon terhadap Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan rhitung > rtabel(0,58 > 0,27) maka Ha diterima terdapat korelasi positif dan signifikan antara respon dengan Peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Weblog, model Problem Based Learning, powerpoint dan respon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 04:44
Last Modified: 25 Feb 2025 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60130

Actions (login required)

View Item
View Item