Marpaung, Natasya Laura (2024) PENGARUH MEDIA WEBLOG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN RESPON YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN PEYANGGA DI SMAN 18 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203331015_Cover.pdf
Download (224kB)
4203331015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (568kB)
4203331015_Abstrak.pdf
Download (215kB)
4203331015_Kata_Pengantar.pdf
Download (324kB)
4203331015_Daftar_Isi.pdf
Download (200kB)
4203331015_Daftar_Gambar.pdf
Download (184kB)
4203331015_Daftar_Tabel.pdf
Download (186kB)
4203331015_Daftar_Lampiran.pdf
Download (301kB)
4203331015_BAB_I.pdf
Download (329kB)
4203331015_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (472kB)
4203331015_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (506kB)
4203331015_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
4203331015_BAB_V.pdf
Download (211kB)
4203331015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (446kB)
4203331015_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (807kB)
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMAN 18 Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui apakah ada pengaruh media Weblog dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar pada materi larutan penyangga; (2) mengetahui respon penggunaan media Weblog dengan model Problem Based Learning pada materi larutan penyangga; (3) mengetahui korelasi positif dan signifikan antara respon dan peningkatan hasil belajar yang dibelajarkan dengan media weblog dengan model Problem Based Learning pada materi larutan penyangga. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, kelas pertama dijadikan kelas eksperimen dan kelas kedua dijadikan kelas kontrol.Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak kanan,hasil penelitian pada taraf signifikasi = 0,05 menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,04 > 1,99) maka Ha diterima ada pengaruh media Weblog dengan model Problem Based Learning terhadap peningkatan hasil belajar pada materi larutan penyangga. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh pada kelas eksperimen 78,05% dan kelas kontrol 59,36%. Respon terhadap media weblog dengan model Problem Based Learning adalah 75,5% termasuk kategori menarik.Uji korelasi respon terhadap Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan rhitung > rtabel(0,58 > 0,27) maka Ha diterima terdapat korelasi positif dan signifikan antara respon dengan Peningkatan hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Weblog; Problem based learning; Powerpoint; Respon; Larutan penyangga |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
| Date Deposited: | 25 Feb 2025 04:44 |
| Last Modified: | 18 Jun 2025 03:55 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60130 |
