Simamora, Harmes (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG FASILITAS BENGKEL BANGUNAN DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN CARA MEMBUAT MAKET GEDUNG KONSTRUKSI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113311007 COVER .pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 5113311007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM 5113311007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4. NIM 5113311007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM 5113311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM 5113311007 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 5113311007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 5113311007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM 5113311007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
13. NIM 5113311007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
14. NIM 5113311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel bangunan dan minat belajar dengan hasil belajar pengetahuan cara membuat maket gedung konstruksi pada siswa kelas x program keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMKN 2 Binjai. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas x Teknik Konstruksi Batu Dan Beton SMKN 2 binjai yang berjumlah 61 orang dengan jumlah sampel 30 orang yang dicari dengan menggunakan sistematik random sampling atau. Jenis penelitian ini adalah Korelasi. Untuk mendapatkan data tentang Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Bengkel Bangunan dan Minat Belajar diperoleh dengan menggunakan angket tertutup berskala Likert dan data hasil belajar Pengetahuan cara membuat maket gedung konstruksi diperoleh dengan menggunakan tes objektif atau pilihan berganda. Dari hasil penelitian diperoleh hasil deskripsi dan analisis data penelitian dengan teknik korelasi antar variabel dan korelasi ganda pada taraf signifikansi α = 5% menunjukkan bahwa: (1) rata-rata persepsi siswa tentangfasilitas bengkel bangunan adalah 79,24 dengan tingkat kecenderungan cukup (75,86%), (2) rata-rata minat belajar siswa adalah 83,69 dengan tingkat kecenderungan cukup (79,31%), (3) rata-rata hasil belajar pengetahuan cara membuat maket gedung konstruksi adalah 12,72 dengan tingkat kecenderungan kurang (62,07%), (4) terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel bangunan dengan hasil belajar pengetahuan cara membuat maket (r= 0,51), dengan persamaan garis regresi Y = 53,92 - 0,519X1, (5) terdapat hubungan yang positif antara minat belajar siswa dengan hasil belajar pengetahuan cara membuat maket (r= 0,51), dengan persamaan garis regresi Y = 20,930 - 0,098 X2, (6) terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang fasilitas bengkel bangunan dan minat belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar pengetahuan cara membuat maket (R = 0.73 ), dengan persamaan regresi Ŷ = 25,74 +0,454 X1 - 0.030 X2. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara fasilitas bengkel bangunan dan minat belajar dengan hasil belajar pengetahuan cara membuat maket pada siswa kelas x program keahlian teknik konstruksi batu dan beton SMK Negeri 2 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 002 |
Keywords: | Minat Belajar; Bengkel Bangunan; Membuat Maket |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 05:10 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6013 |