PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM.

Syahputra., Hendra (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5113111017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5113111017 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 5113111017 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
2. NIM 5113111017 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5113111017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5113111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5113111017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5113111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5113111017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5113111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5113111017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5113111017 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 511311107 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 511311107 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 511311107 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 511311107 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5113111017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5113111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5113111017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5113111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5113111017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5113111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensi dasar macam – macam tegangan dalam struktur bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang tegangan tarik dan tegangan tekan. Pada siklus II mempelajari tentang tegangan geser dan tegangan lentur.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 25 soal pada siklus I terdapat 21 soal valid, uji tingkat kesukaran tidak terdapat soal mudah, 19 soal sedang dan 6 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 4 soal jelek, 9 soal cukup dan 10 soal baik,dan 2 soal sangat baik. uji reliabilitas tes didapat 0,79 (tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang dan 7 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 6 soal buruk, 10 soal cukup dan 8 soal baik,dan 1 soal sangat baik. uji reliabilitas tes didapat 0,61 (tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 2,80 (70) dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 67,36 dan prosentase kelulusan yaitu 63,89% meningkat pada siklus II menjadi 77,17 dan Presentase kelulusan yaitu 80,56%. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan,pada siklus I dengan hasil nilai rata rata sebesar kompetensi pengetahuan 2,78, kompetensi sikap 2,78 dan kompetensi keterampilan 2,63 dengan presentase kelulusan yaitu 63,89% meningkat pada siklus II menjadi 2,96 pada kompetensi pengetahuan, 2,96 pada kompetensi sikap dan 2,87 pada kompetensi keterampilan dengan Presentase kelulusan yaitu 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik kompetensi dasar macam – macam tegangan dalam struktur bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BAN 023
Keywords: Model Pembelajaran Problem based Instruction; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Jun 2016 05:05
Last Modified: 27 Jun 2016 05:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item
View Item