Syahputra., Hendra (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113111017 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM 5113111017 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
3. NIM. 5113111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM. 5113111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
5. NIM. 5113111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 5113111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 511311107 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM. 511311107 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 5113111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 5113111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
14. NIM. 5113111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensi dasar macam – macam tegangan dalam struktur bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 36 siswa. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada siklus I mempelajari tentang tegangan tarik dan tegangan tekan. Pada siklus II mempelajari tentang tegangan geser dan tegangan lentur.
Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 25 soal pada siklus I terdapat 21 soal valid, uji tingkat kesukaran tidak terdapat soal mudah, 19 soal sedang dan 6 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 4 soal jelek, 9 soal cukup dan 10 soal baik,dan 2 soal sangat baik. uji reliabilitas tes didapat 0,79 (tinggi). Pada siklus II dari 25 soal diperoleh 21 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang dan 7 soal sukar, uji daya pembeda tes didapat 6 soal buruk, 10 soal cukup dan 8 soal baik,dan 1 soal sangat baik. uji reliabilitas tes didapat 0,61 (tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 2,80 (70) dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas.
Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan hasil nilai rata-rata 67,36 dan prosentase kelulusan yaitu 63,89% meningkat pada siklus II menjadi 77,17 dan Presentase kelulusan yaitu 80,56%. Hasil belajar siswa terjadi peningkatan,pada siklus I dengan hasil nilai rata rata sebesar kompetensi pengetahuan 2,78, kompetensi sikap 2,78 dan kompetensi keterampilan 2,63 dengan presentase kelulusan yaitu 63,89% meningkat pada siklus II menjadi 2,96 pada kompetensi pengetahuan, 2,96 pada kompetensi sikap dan 2,87 pada kompetensi keterampilan dengan Presentase kelulusan yaitu 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik kompetensi dasar macam – macam tegangan dalam struktur bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 023 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem based Instruction; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 05:05 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6012 |