PENGEMBANGAN MODUL KIMIA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING

Atthohiroh, Lily (2024) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171131023_Cover.pdf] Text
4171131023_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4171131023_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4171131023_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 4171131023_Abstrak.pdf] Text
4171131023_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4171131023_Kata_Pengantar.pdf] Text
4171131023_Kata_Pengantar.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 4171131023_Daftar_Isi.pdf] Text
4171131023_Daftar_Isi.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 4171131023_Daftar_Gambar.pdf] Text
4171131023_Daftar_Gambar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4171131023_Daftar_Tabel.pdf] Text
4171131023_Daftar_Tabel.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4171131023_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4171131023_Daftar_Lampiran.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of 4171131023_BAB_I.pdf] Text
4171131023_BAB_I.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4171131023_BAB_V.pdf] Text
4171131023_BAB_V.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4171131023_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4171131023_Daftar_Pustaka.pdf

Download (248kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Untuk memenuhi bahan ajar yang dapat meningkatkan peran aktif siswa, maka dapat disusun bahan ajar berupa modul yang diintegrasikan dengan model PBL. Modul kimia berbasis PBL menjadikan masalah sebagai konteks dan penggerak bagi siswa untuk belajar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengentahui kelayakan dan kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model ADDIE tapi hanya sampai pada tahapan ADD (Analysis, Design dan Development). Penelitian ini tidak sampai pada tahap implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil dan analisis pada penelitian yang telah dilakukan. 1.Kelayakan pengembangan produk kelayakan media oleh dosen yaitu memperoleh persentase sebesar 96,73% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 2. Kelayakan media oleh guru yaitu memperoleh persentase sebesar 90,87% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 3. penilaian peserta didik terhadap modul yang dikembangkan memperoleh persentase sebesar 87,32%, yang dimana nilai ini termasuk ke dalam kategori sangat layak. Sehingga dari hasil yang diperoleh, modul yang dikembangkan pada penelitian ini telah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Reaksi Reduksi Oksidasi, Modul, Penelitian dan Pengembangan (R&D)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:59
Last Modified: 25 Feb 2025 03:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60118

Actions (login required)

View Item
View Item