PENGARUH BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA MAN 1 MEDAN

Monika, Lidya (2024) PENGARUH BAHAN AJAR KIMIA TERINTEGRASI NILAI SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131010_Cover.PDF] Text
4201131010_Cover.PDF

Download (208kB)
[thumbnail of 4201131010_Lembar_Pengesahan.PDF] Text
4201131010_Lembar_Pengesahan.PDF

Download (2MB)
[thumbnail of 4201131010_Abstrak.PDF] Text
4201131010_Abstrak.PDF

Download (151kB)
[thumbnail of 4201131010_Kata_Pengantar.PDF] Text
4201131010_Kata_Pengantar.PDF

Download (1MB)
[thumbnail of 4201131010_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131010_Daftar_Isi.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 4201131010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201131010_Daftar_Gambar.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 4201131010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201131010_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4201131010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201131010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 4201131010_BAB_I.pdf] Text
4201131010_BAB_I.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 4201131010_BAB_V.PDF] Text
4201131010_BAB_V.PDF

Download (27kB)
[thumbnail of 4201131010_Daftar_Pustaka.PDF] Text
4201131010_Daftar_Pustaka.PDF

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar kimia terintegrasi
nilai spiritual terhadap hasil belajar dan spiritualitas siswa serta melihat korelasi
yang signifikan antara spiritualitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran laju
reaksi di MAN 1 Medan. Populasi dalam sampel penelitian ini adalah seluruh kelas
XI MIPA yang terdiri dari dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil
secara purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini ada dua yakni instrumen tes dan non tes. Instrumen tes untuk
mengukur hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Instrumen non
tes berupa angket spiritualitas. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis (uji independent t-test, uji paired t-test dan uji
korelasi). Rata-rata post test hasil belajar pada kelas eksperimen > kelas kontrol
(83,71>79,71) dengan hasil pengujian statistik diperoleh nilai sig (0,003) < α
(0,005) H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata spritualitas siswa sesudah > sebelum
diajarkan bahan ajar spiritualitas (3,31>1,97) dengan hasil pengujian statistik
diperoleh nilai sig (0,000) < α (0,005) H0 ditolak dan Ha diterima. Serta hasil
pengujian statistik korelasi antara spiritualitas siswa dan hasil belajar diperoleh nilai
sig (0,000) < α (0,005) H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya hasil korelasi ialah
72,6%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar kimia
terintegrasi nilai spiritual terhadap hasil belajar dan spiritualitas siswa serta adanya
korelasi yang signifikan antara spiritualitas siswa dan hasil belajar pada
pembelajaran laju reaksi di MAN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Nilai Spiritual, Hasil Belajar, Spiritualitas, Laju Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:52
Last Modified: 25 Feb 2025 03:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60115

Actions (login required)

View Item
View Item