ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PROSES METODE TANYA JAWAB DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BINJAI T.A 2021/2022

ANDRIYANI, IKHA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PROSES METODE TANYA JAWAB DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BINJAI T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1173313031_Cover.pdf] Text
1173313031_Cover.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 1173313031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173313031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 1173313031_Abstrak.pdf] Text
1173313031_Abstrak.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 1173313031_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173313031_Kata_Pengantar.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1173313031_Daftar_Isi.pdf] Text
1173313031_Daftar_Isi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1173313031_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173313031_Daftar_Tabel.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1173313031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173313031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1173313031_BAB_I.pdf] Text
1173313031_BAB_I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1173313031_BAB_V.pdf] Text
1173313031_BAB_V.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 1173313031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173313031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (140kB)

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi yaitu hubungan individu yang satu dengan
yang lain tidak dapat dipisahkan dari bahasa sebagai alat komunikasi. Metode
tanya jawab adalah salah satu cara yang memungkinkan untuk terjadi interaksi
dua arah secara langsung antara anak dengan anak ataupun anak dengan guru.
Para guru dapat memanfaatkan media untuk perkembangan terutama
perkembangan bahasa anak dengan memberikan stimulus untuk perkembangan
bahasa anak berupa bernyanyi bersama, bermain bersama dan membaca doa
bersama. Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Binjai Jl. RA.
Kartini No.32 Kec. Binjai Kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana perkembangan bahasa anak usia dini melalui metode tanya jawab.
Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang melibatkan 5 (lima) orang anak dan 1(satu) wali kelas. Data
dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Untuk keabsahan data yang
dikumpulkan selama peneliti menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian
penulis menemukan bahwa menggunakan metode tanya jawab di kelas sangat
efektif disebabkan karena guru memusatkan perhatian anak seperti guru
membawa media diikuti dengan penjelasan lisan dari guru agar anak fokus dengan
apa yang guru sampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Tanya-Jawab dan Perkembangan Bahasa Anak
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 21 Jul 2025 08:27
Last Modified: 21 Jul 2025 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60109

Actions (login required)

View Item
View Item