PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Tambunan, Kasandra Louisa (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL KIMIA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131029_Cover.pdf] Text
4201131029_Cover.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 4201131029_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131029_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of 4201131029_Abstrak.pdf] Text
4201131029_Abstrak.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 4201131029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131029_Kata_Pengantar.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of 4201131029_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131029_Daftar_Isi.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 4201131029_Daftar_Gambar.pdf] Text
4201131029_Daftar_Gambar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4201131029_Daftar_Tabel.pdf] Text
4201131029_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4201131029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4201131029_Daftar_Lampiran.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 4201131029_BAB_I.pdf] Text
4201131029_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4201131029_BAB_II.pdf] Text
4201131029_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[thumbnail of 4201131029_BAB_III.pdf] Text
4201131029_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 4201131029_BAB_IV.pdf] Text
4201131029_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 4201131029_BAB_V.pdf] Text
4201131029_BAB_V.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4201131029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131029_Daftar_Pustaka.pdf

Download (898kB)
[thumbnail of 4201131029_Lampiran.pdf] Text
4201131029_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan dan kepraktisan e-modul berbasis problem based learning pada materi laju reaksi serta melihat respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) model 4D dimulai dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan. lnstrumen yang digunakan berupa angket validasi serta angket respon guru dan siswa. Penilaian validasi melibatkan lima validator ahli meliputi dua validator ahli media dan tiga validator abli materi. Uji praktikalitas diberikan kepada satu guru kimia SMAN 1 Percut Sei Tuan serta uji coba skala kecil dilakukan kepada 32 siswa kelas XI Matlansos. Penilaian ahli media sebesar 87,8% yang memenuhi kriteria sangat valid serta penilaian ahli materi sebesar 80,5% dengan kriteria sangat valid. Oleh karena itu, e-modul laju menggunakan model problem based learning valid digunakan dalam proses pembelajaran. Uji praktikalitas guru dilakukan dan didapatkan hasil sebesar 98% yang memenubi kriteria sangat praktis. Hasil dari respon siswa terhadap e-modul sebesar 82,9% dengan kriteria sangat setuju. Didapatkan kesimpulan bahwa E-Modul Kimia Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Laju Reaksi sudah valid, praktis dan dapat dijadikan bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul; Laju reaksi; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:36
Last Modified: 16 Jun 2025 06:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60106

Actions (login required)

View Item
View Item