PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ASAM DAN BASA DI SMAN 2 TANJUNG MORAWA

Gultom, Juan Andreas (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI ASAM DAN BASA DI SMAN 2 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131005_Cover.pdf] Text
4203131005_Cover.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 4203131005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 4203131005_Abstrak.pdf] Text
4203131005_Abstrak.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of 4203131005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131005_Kata_Pengantar.pdf

Download (564kB)
[thumbnail of 4203131005_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131005_Daftar_Isi.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4203131005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131005_Daftar_Gambar.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 4203131005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131005_Daftar_Tabel.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 4203131005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4203131005_BAB_I.pdf] Text
4203131005_BAB_I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4203131005_BAB_V.pdf] Text
4203131005_BAB_V.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of 4203131005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (724kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan Media Pembelajaran Phet Simulation dan Chat GPT serta motivasi belajar tinggi dan rendah berbantuan model problem based learning pada materi asam basa, serta melihat interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMAN 2 Tanjung Morawa. Sampel diambil secara purposif sampling sebanyak 2 kelas dengan total keseluruhan sampel sebanyak 68 siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANNAVA dua jalur. Untuk media phet simulation dan chat GPT didapat nilai sig. 0.004 < (α) 0.05 yang artinya Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang diberi media phet simulation dengan chat GPT pada materi asam basa. Pada motivasi belajar yang tinggi dan rendah didapat nilai sig. 0.017 < (α) 0.05yang artinya Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah pada materi asam basa. Selanjutnya untuk interaksi antara media dengan motivasi belajar didapat nilai sig. 0.000 < (α) 0.05yang artinya Ha diterima, maka dapat disumpulkan bahwa ada interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 03:25
Last Modified: 25 Feb 2025 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60102

Actions (login required)

View Item
View Item