Kurnianto, Herdi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5111511006 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM.5111511006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM. 5111511006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 5111511006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM. 5111511006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 5111511006 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 5111511006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 5111511006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 5111511006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
13. NIM. 5111511006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
14. NIM. 5111511006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Kontekstual yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran Mekanika Teknik pada kompetensi Dasar Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan di Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa, bentuk tes menggunakan soal multiple coice. Soal berjumlah 55 soal dengan empat option pilihan, dimana 27 soal untuk siklus pertama dan 28 soal untuk siklus kedua dan data aktivitas siswa diambil menggunakan Format lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dengan hasil nilai rata-rata 78,09 dengan katagori ( Kurang Aktif ) pada pertemuan kedua meningkat sebesar 2,88% dengan katagori (Cukup Aktif). Pada siklus II pertemuan pertama kembali meningkat sebesar 7,3% dengan katagori (Cukup Aktif) dan pada pertemuan keduan meningkat sebesar 11,73% dengan katagori (Aktif). Untuk hasil belajar siswa pada siklus I Nilai rata – rata 77,35 dengan prosentase kelulusan yaitu 73,08% meningkat pada siklus II dengan nilai rata – rata 83,38 dan Prosentase kelulusan yaitu 88,46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kompetensi Dasar Menerapkan Cara Menyusun Gaya Dalam Struktur Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BAN 021 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kontekstual; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Jun 2016 04:49 |
Last Modified: | 27 Jun 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6007 |