PENGARUH PENERAPAN e-MODUL BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KIMIA SISTEM KOLOID DI SMA

Br Nainggolan, Fedora Deroly (2024) PENGARUH PENERAPAN e-MODUL BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KIMIA SISTEM KOLOID DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131042_Cover.pdf] Text
4203131042_Cover.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4203131042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of 4203131042_Abstrak.pdf] Text
4203131042_Abstrak.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4203131042_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131042_Kata_Pengantar.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 4203131042_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131042_Daftar_Isi.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203131042_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131042_Daftar_Gambar.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203131042_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131042_Daftar_Tabel.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203131042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4203131042_BAB_I.pdf] Text
4203131042_BAB_I.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4203131042_BAB_V.pdf] Text
4203131042_BAB_V.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of 4203131042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-Modul berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid di kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif dengan pengambilan sampel dari populasi secara random sampling sebanyak 60 siswa (30 siswa kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas XI-1 sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes dan angket. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif menggunakan Software SPSS 24 for Windows dan dianalisis dengan uji Independent Sample T-Test. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh hasil yaitu; pada hipotesis I diperoleh persentase rata-rata nilai kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 71,33% > 49,00%, dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh signifikasi data < 0,05 (0,001) ; H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan e-Modul berbasis masalah terhadap motivasi belajar kimia siswa. Untuk hipotesis II mengenai hasil belajar kimia siswa diperoleh signifikasi data dari uji Independent Sample T-Test 0,031 < 0,05; H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penerapan e-Modul berbasis masalah terhadap hasil belajar kimia siswa dengan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 79,67 > 74,5. Sementara untuk uji korelasi antara motivasi dan hasil belajar kimia siswa diperoleh nilai Sig 0,026 pada taraf � (0,05) sebesar 0,405; H0 ditolak ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat korelasi positif antara motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan e-Modul berbasis masalah pada materi sistem koloid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-Modul PBL, Hasil Belajar, Motivasi, Sistem Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Feb 2025 02:04
Last Modified: 25 Feb 2025 02:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/60069

Actions (login required)

View Item
View Item